Kampanyekan Produksi Baik, Asosiasi Pengusaha Sawit Adakan Lomba Marathon di Area Perkebunan
Foto: Dok. Kemenkeu

Bagikan:

JAKARTA – Badan Layanan Umum di bawah naungan Kementerian Keuangan, yaitu Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Sumatera Utara dan Perkebunan Nusantara baru saja menyelenggarakan kegiatan Second Oil Palm Marathon.

Agenda tersebut merupakan acara tahunan berupa lomba lari yang terdiri dari empat kategori, yaitu 5k, 10k, 21k, dan 42k yang di gelar di Kabupaten Sergai, Sumatera Utara.

Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana BPDPKS Kabul Wijayanto mengatakan melalui menggunakan tagline Run for Sustainable Palm, perlombaan marathon ingin mendekatkan kepada masyarakat bahwa kelapa sawit adalah komoditi yang berkelanjutan.

“Disini kita ingin memperlihatkan bahwa sawit juga berfungsi untuk mendukung keanekaragaman hayati dan mempunyai fungsi sosial serta ekonomi,” ujarnya dalam pernyataan pers dikutip Minggu, 20 November.

Menurut Wijayanto, inisiatif ini merupakan kegiatan kedua yang mana sebelumnya telah diselenggarakan pada 2019.

“Semoga acara ini menjadi kegiatan rutinitas setiap tahun untuk mempromosikan kelapa sawit dan bersama Palm Marathon ini, kami ingin sampaikan bahwa sawit itu sehat, sawit itu menyehatkan dan sawit itu baik,” tegas dia.

Tak hanya itu, event ini juga menjadi ajang promosi produk UMKM olahan kelapa sawit dan wisata Kabupaten Sergai. BPDPKS siap untuk mensupport Oil Palm Marathon ini agar bisa diadakan secara berkelanjutan di 2023 mendatang.

"Semoga dengan adanya Oil Palm Marathon bisa semakin mengenalkan UMKM turunan sawit, membantu masyarakat sekitar dan menggerakkan ekonomi daerah Kabupaten Sergai," tutup Wijayanto.