Perkuat Kerja Sama Sektor Parekraf, Indonesia-Malaysia Bentuk Business Council
Foto: Dok. Kemenparekraf

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sepakat berkolaborasi dengan Malaysia guna memperkuat kerja sama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tujuannya, tentu saja dalam upaya membangkitkan ekonomi, membuka peluang usaha, serta lapangan kerja seluas-luasnya.

Dalam pertemuan dengan Senator asal Malaysia, Jaziri Alkaf Abdillah Suffian di Bali, pada Senin, 14 November, Sandiaga mengungkapkan Indonesia dan Malaysia telah membentuk Malaysia-Indonesia Business Council (MIBC).

Kehadiran dewan yang bertujuan meningkatkan hubungan bisnis antara Indonesia dan Malaysia ini diharapkan bisa meningkatkan berbagai sektor bisnis yang ada di kedua negara, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga menilai Malaysia merupakan salah satu negara yang menyumbang banyak wisatawan berkunjung ke Indonesia.

"Tadi ada sejumlah inisiatif yang akan dikembangkan mulai dari (ekspor) produk-produk ekonomi kreatif, seperti musik dan tenun, juga peningkatan jumlah penerbangan baik ke Jakarta maupun juga ke beberapa destinasi wisata, termasuk Bali," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 15 November.

Ia mengatakan dengan adanya sejumlah inisiatif yang disepakati ini, diharapkan bisa meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan asal Malaysia ke Indonesia, serta meningkatkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Lebih lanjut, kata Sandiaga, banyak wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Indonesia untuk berwisata kuliner.

"Ini menunjukkan bahwa pasar Malaysia sangat mengapresiasi produk-produk kuliner kami," ujarnya.

Sementara itu, Jaziri Alkaf Abdillah Suffian mengungkapkan, melalui inisiatif yang disepakati ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia dan Malaysia.

"Jadi, dengan adanya inisiatif-inisiatif baru ini bisa mendatangkan manfaat bagi kedua negara," ujar dia.