Penerbangan Perdana Citilink jadi Bentuk Dukungan Pemulihan Operasional Penerbangan di Purbalingga Usai Pandemi
Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono. (Foto: Dok. Kemenhub)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Banyumas Raya serta operator penerbangan Citilink, atas dukungan dan kolaborasinya sehingga maskapai nasional itu berhasil melakukan penerbangan perdananya dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandar Udara Jenderal Besar Sudirman, Purbalingga, pada 10 November 2022. 

Penerbangan perdana itu bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional. 

"Terselenggaranya kegiatan ini merupakan bentuk konkret dari tindak lanjut arahan Menteri Perhubungan agar pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta operator penerbangan berkolaborasi dalam mendukung optimalisasi pengoperasian penerbangan di Bandara JB Soedirman setelah terdampak pandemi COVID-19," kata Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono, di Jakarta, Sabtu, 12 November. 

Nur Isnin menyebut beroperasinya maskapai Citilink merupakan tindaklanjut dari Penandatanganan Surat Pernyataan Bersama Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Kabupaten Wilayah Banyumas Raya, yakni Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, dan Pemalang pada awal November lalu.

"Dengan terealisasinya penerbangan ini, kebutuhan jasa transportasi udara bagi masyarakat Purbalingga dan wilayah sekitarnya dapat terpenuhi, serta diharapkan menjadi stimulus bagi wilayah Banyumas Raya ke daerah lainnya," jelasnya. 

Selain itu, kata Nur Isnin, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada maskapai Citilink yang telah mendukung pemulihan ekonomi di daerah Purbalingga dengan adanya hal ini. 

"Kami memberikan apresiasi kepada pihak Citilink, semoga kolaborasi ini terus berjalan dan berkelanjutan untuk mendukung pemulihan operasional penerbangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat," tandasnya. 

Untuk saat ini, maskapai Citilink akan melayani penerbangan sebanyak dua kali dalam seminggu, yakni pada Selasa dan Kamis.