Ini Kandidat Terkuat Pengganti Ganjar Pranowo Untuk Gantikan Gubernur Jawa Tengah Nanti
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setidaknya ada satu sosok yang digadang-gadang berpotensi jadi calon kuat yang dapat menggantikan sosok Ganjar Pranowo di bangku Gubernur Jawa Tengah. Siapa kandidat terkuat pengganti Ganjar Pranowo?

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, akhir-akhir ini ini acap kali diinfokan akan maju Pilpres 2024. 

Berdasarkan Direktur Eksekutif Indonesia Political Ulasan (IPR) Ujang Komarudin, Ganjar berani mendeklarasikan diri siap maju Pilpres 2024 sebab disupport tokoh kuat. Tokoh kuat yang dimaksud yakni Joko Widodo.

Tanpa ada dukungan dari tokoh kuat itu, Ujang Komarudin mengukur Ganjar tak akan berani sebab itu akan berlawanan dengan harapan PDIP. 

“Saya rasa Ganjar tak akan menyuarakan siap jadi capres sekiranya tak punya dukungan dari individu atau sosok atau tokoh tertentu yang kuat. Dapat saja dorongan itu berangkat dari Jokowi. Ya selama ini kan Ganjar dorongannya ada di situ, ada pada dorongan Jokowi,” ujar Ujang. 

Tak hanya goal Ganjar menuju Pilpres 2024, teka-teki perihal siapa yang mampu mengganti Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah menjadi perbincangan menarik.

Kandidat Terkuat Pengganti Ganjar Pranowo

Gibran Rakabuming Raka

Berdasarkan sebagian sumber, sosok yang cukup kuat untuk menggantikan Ganjar yakni Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. 

Menurut survei Charta Politika, di tingkat Jateng Gibran menempati urutan pertama dengan perolehan 37,7 persen. Meski hasil survei Pemilihan Gubernur DKI Jakarta versi Political Statistics (Polstat), Gibran berada di urutan ketiga dengan perolehan 10,5 persen. 

Eks Walikota Solo yang sekarang menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, melihat sekiranya Gibran pantas untuk maju ke Pemilihan Gubernur.

Meskipun demikian, Rudy mengatakan yang penting penting keseluruhannya wajib atas anjuran dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. 

"Apabila sesuai, jika tak menerima saran ya tak dapat maju," sebutnya.

Mochamad Herviano

Tak hanya nama putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, Keluar nama putra Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Mochamad Herviano.

Tak cuma menjadi member DPR RI, Herviano juga dikala ini menjabat Ketua Umum Banteng Muda Indonesia.

Berdasarkan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, nama cagub Jateng yang akan diusung tentu akan diputuskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Tetapi sebelum itu, akan ada pertimbangan-pertimbangan darinya. Termasuk soal kesanggupan seseorang untuk mengentaskan kemiskinan di Jateng yang masih tinggi di era Ganjar.

"Pastinya sosok yang pas untuk mengentas kemiskinan di Jateng jadi pertimbangan. Pasti banyak pertimbangannya. All in," ujar Adi, Sabtu (7/5).

Jadi setelah mengetahui kandidat terkuat pengganti Ganjar Pranowo, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!