Penemuan Cadangan Minyak dan Gas di Sumsel: Anggono, Ada Kemungkinan Bertambah
Penemuan Cadangan Minyak dan Gas di Sumsel (Freepik))

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baru-baru ini SKK Migas dan KKKS berusaha menaikkan produksi minyak dan gas dengan upaya eksplorasi. KKKS, Sele Raya Belida bahkan ada penemuan cadangan minyak dan gas di Sumsel lewat pengeboran sumur Sungai Anggur Selatan-1 (SAS-1) di Desa Melilian Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Dari hasil pengeboran ditemukan kandungan minyak sebesar 1983 BOPD dan gas 1.3 MMSCFD dengan tekanan tubing 150 psi.

Kepala perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan mengatakan ada kemungkinan terjadi penambahan produksi pengeboran sampai menempuh 2000 BOPD minyak sebab tekanan tubing masih meningkat sampai 600 psi.

Penemuan Cadangan Minyak dan Gas di Sumsel

Ilustrasi Tambang Minyak (Freepik)

"Kami telah mengecek dan Sele Raya telah menjalankan flowrate selama 1 jam untuk area test 1 sumur SAS-1 dan kondisinya benar-benar baik," ujar Anggono dalam siaran persnya belum lama ini.

Sekarang ini KKKS Sele Raya dengan supporting Divisi Operasi SKK Migas Perwakilan Sumbagsel tengah menjalankan MIT (Modified Isochronal Test) untuk mengenal flowrate dan perkembangan sumur SAS-1. Minggu depan sampai akhir November, SKK Migas dan Sele Raya Belida akan menjalankan prerforasi atau pelubangan lapisan semen dan diinginkan mendapatkan penemuan cadangan lebih baik lagi.

"Kami berterima kasih pada dukungan Pemerintah daerah, aparat TNI, Polri, dan stakeholder yang telah menolong sehingga ditemukan minyak dan gas di kawasan ini," tambah Anggono.

Sementara itu, Kepala Divisi Operasi Pengeboran dan Perawatan Sumur, Surya Widyantoro, mengatakan penemuan minyak dan gas lewat sumur SAS-1 di Gelumbang Kabupaten Muara Enim yakni angin segar bagi industri hulu migas untuk terus menjalankan penelusuran secara masif, agresif dan efisien

"Penemuan minyak dan gas oleh KKKS Sele Raya Belida adalah salah satu bukti bahwa industri ini, benar-benar concern untuk peningkatan produksi migas nasional dengan menjalankan eksplorasi," kata Surya.

Surya menambahkan, penemuan ini dapat menjadi penyemangat pekerja industri migas dan KKKS lainnya untuk terus menjalankan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas guna mengejar sasaran 1 Juta barel minyak dan 12 Miliar kakikubik gas pada 2030.

"Selamat buat Sele Raya dan semoga dapat dicontoh oleh KKKS lainnya yang sekarang ini masih menjalankan eksplorasi," kata Surya.

Pengeboran sumur eksplorasi Sungai Anggur Selatan-1 (SAS-1) dijalankan semenjak Mei 2022, lokasi pengeboran berada di kawasan perbatasan antara Desa Melilian, Kecamatan Gelumbang, dengan Desa Tapus, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan.

Jadi setelah mengetahui penemuan cadangan minyak dan gas di Sumsel, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!