Peringatan HUT Ke-76 Kementerian Keuangan, Sri Mulyani: Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan
Foto: Tangkap layar Youtube Kemenkeu

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memimpin langsung upacara peringatan Upacara Hari Oeang 2022 yang juga merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kementerian Keuangan.

Dalam pidatonya, Menkeu menjelaskan bahwa instrumen fiskal baru saja melewati dinamika yang cukup hebat dalam dua tahun terakhir ketika pertama kali menghadapi pandemi COVID-19. Kata dia, APBN berupaya keras dalam menahan guncangan sekaligus menjadi motor utama pertumbuhan di masa sulit.

Hari ini, situasi berangsur membaik seiring dengan makin terkendalinya penyebaran pandemi. Momentum itulah yang kemudian coba dipertahankan pemerintah agar bisa cepat menuju masa normal perekonomian.

“Untuk itu dalam peringatan tahun ini tema yang kita pilih adalah Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan,” ujarnya di kompleks perkantoran Kementerian Keuangan pada Senin, 31 Oktober.

Menurut Menkeu, tema tersebut dipilih lantaran Punggawa Nagara Dana Rakca (sebutan bagi pegawai Kementerian Keuangan) mesti memahami betul jika meskipun pandemi COVID-19 mulai bisa dikendalikan namun tantangan baru akan terus hadir di masa mendatang.

“Kita harus sigap meresponnya. Kebijakan fiskal dan keuangan negara yang adaptif, responsif, fleksibel, akuntabel dan transparan serta dengan tata kelola yang baik menjadi kunci terus menjaga masyarakat Indonesia, perekonomian Indonesia dan APBN itu sendiri,” tegas dia.

Adapun, peringatan HUT Kementerian Keuangan tahun ini diselenggarakan secara fisik dan merupakan yang pertama sejak era pandemi. Menkeu juga membawa semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober yang sebagai bagian dari upaya membangun semangat bekerja demi pencapaian target yang telah ditetapkan.

“Saya berterima kasih kepada jajaran Kementerian Keuangan yang telah berjuang merumuskan kebijakan yang cukup sulit di masa pandemi. Ini adalah panggilan sekaligus pengorbanan namun juga sebuah dedikasi yang bermanfaat bagi Indonesia,” tutur dia.