Mitsui & Co Beri Suntikan Dana 33 Juta Dolar AS kepada Xurya
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Startup penyedia jasa sewa dan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) memperoleh tambahan pendanaan seri A dari perusahaan Jepang Mitsui & Co. (Mitsui) dan PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA). Adapun jumlah dana yang telah diperoleh mencapai 33 juta dolar AS atau setara Rp510 miliar pada 20 Oktober 2022.

"Dukungan pendanaan ini akan kami alokasikan untuk perluasan pembangunan PLTS untuk mempercepat transisi energi bersih dan berkelanjutan bagi perusahaan di Indonesia. Mitsui dan Surya Semesta Internusa juga merupakan partner strategik Xurya untuk menjangkau perusahaan-perusahaan di Indonesia," ujar Managing Director dan Co-Founder Xurya Eka Himawan dalam keterangan kepada media, Jumat 21 Oktober.

Eka menambahkan, Xurya berencana untuk mengalokasikan pendanaan pada ekspansi pembangunan PLTS yang telah mengalami pertumbuhan hingga tiga kali lipat sejak awal tahun 2022.

Selain itu, dana ini juga akan digunakan untuk perkembangan teknologi serta menambah sumber daya manusia untuk mendongkrak kinerja perusahaan dalam akselerasi implementasi energi terbarukan untuk energi bersih dan berkelanjutan di Indonesia. Terutama saat ini, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menargetkan bauran energi baru dan terbarukan mencapai 23 persen di tahun 2025.

Hiromu Kayamori, GM Division Bisnis Hilir Baru Mitsui & Co mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan dan mempromosikan teknologi dan bisnis baru yang mengurangi dampak lingkungan secara global.

"Kami bertujuan untuk berkontribusi pada pertumbuhan Xurya dan dekarbonisasi Indonesia dengan memanfaatkan keahlian kami yang dikembangkan di seluruh dunia dan jaringan kami yang luas di Indonesia," ujar Hiromu.

Sekadar informasi, Xurya sebelumnya menerima pendanaan Seri A berjumlah 21,5 juta dolar AS pada Desember 2021 dari East Ventures (growth fund), Saratoga, Schneider Electric, dan New Energy Nexus. Dengan tambahan pendanaan dari Mitsui dan PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), total pendanaan Xurya mencapai 33 juta dolar AS atau setara Rp501 miliar.

Hingga penghujung bulan September 2022, bisnis Xurya telah berkembang sangat pesat dan kini telah mengoperasikan PLTS Atap di lebih dari 60 perusahaan dan sedang melakukan pemasangan di lebih dari 40 perusahaan lainnya.

Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), Johannes Suriadjaja mengungkapkan, pendanaan ini merupakan bentuk dukungan pihaknya untuk mempercepat pemanfaatan energi baru terbarukan melalui instalasi solar panel (PLTS Atap), salah satunya di kawasan industri.

"Sekaligus komitmen kami dalam menciptakan kawasan industri yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia," pungkas Johannes.