Dukung Pengembangan IKN, PTPP dan LG Tandatangani Nota Kesepahaman Pengembangan Smart City
Foto: Dok. PTPP

Bagikan:

JAKARTA - PT PP (Persero) Tbk (PTPP), bekerja sama dengan LG CNS Company Limited (LG CNS) berencana untuk berkolaborasi mengembangkan proyek Smart City di Nusantara yang merupakan Ibu Kota Negara (IKN) Baru Indonesia yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan, PTPP bersama LG CNS yakin kolaborasi tersebut dapat memberikan implementasi terbaik dalam penerapan Smart City di IKN nanti.

Pembangunan IKN Nusantara masih terus dikembangkan hingga saat ini di mana terdapat salah satu hal menarik dari pengembangan IKN tersebut yang mengusung konsep smart city modern. Konsep intelligent city sebagai wujud pengembangan dari konsep smart city akan mendorong percepatan modernisasi kota melalui pemanfaatan teknologi sebagai dasar pengembangan konsep ini.

Bagi pemerintah, penerapan konsep intelligent city di IKN Nusantara tidak hanya dilakukan sebagai upaya dalam mensejajarkan IKN Nusantara dengan ibu kota lain yang telah mengusung konsep serupa, melainkan diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia dalam mengembangkan konsep intelligent city sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya juga kelestarian lingkungan.

Acara penandatangan nota kesepahaman pengembangan Smart City dilaksanakan pada hari Jumat 7 Oktober bertempat di Kantor Pusat PTPP Jakarta. Dalam acara penandatanganan tersebut dihadiri langsung oleh Benjamin Yoo selaku VP LG CNS Smart City & Mobility Business Unit, Kim Seo selaku Smart City Strategic Team LG CNS, Cho Sung Mook selaku President Director LG CNS Indonesia, Indrajaya Pitra Perdana selaku Senior Manager Business Development Team LG CNS, Anton Satyo Hendriatmo selaku Direktur Operasi Bidang Gedung PTPP, Andek Prabowo selaku SVP Operasi Gedung PTPP, Joko Raharjo selaku GM Operasi PTPP, dan manajemen lainnya.

Disaksikan oleh Anton Satyo Hendriatmo selaku Direktur Operasi Bidang Gedung PTPP dan Cho Sung Mook selaku President Director LG CNS Indonesia, penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tersebut dilakukan oleh Andek Prabowo selaku SVP Operasi Gedung PTPP dan Benjamin Yoo selaku VP LG CNS Smart City & Mobility Business Unit.

"Dengan pengalaman yang dimiliki oleh LG CNS Smart City di Korea, kami yakin dapat menjadi tolak ukur yang sangat baik dalam memberikan konstribusi implementasi pengembangan Smart City di Indonesia. Dengan berkolaborasi bersama PTPP tentunya dapat memberikan sinergi terbaik di antara bidang konstruksi dan teknologi informasi untuk memberikan solusi kota pintar di Nusantara IKN," ujar Benyamin Yoo selaku VP LG CNS Smart City & Mobility Business Unit, dalam keterangan tertulisnya.

Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan investasi yang terintegrasi dengan industri pendukung, serta memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang Konstruksi, Properti, EPC, Infrastruktur, dan Energi baik di dalam maupun di luar negeri, PTPP siap berkolaborasi bersama dengan LG CNS dalam membangun dan mengembangkan proyek Smart City di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kami berharap dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini merupakan langkah yang baik agar kolaborasi kerjasama ini kedepannya dapat diimplementasikan lebih matang lagi dan dapat dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS)," ujar Anton Satyo Hendriatmo, Direktur Operasi Bidang Gedung PTPP.

PTPP dan LG CNS akan terus melakukan kajian-kajian dari berbagai aspek sebagai tindak lanjut pelaksanaan rencana kerjasama dalam pengembangan Smart City di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.