Komisi VI DPR Minta Pertamina Patra Niaga Siapkan Solusi jika Harga BBM Tak Terkendali
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima meminta PT Pertamina Patra Niaga menyiapkan berbagai skenario sebagai solusi jika harga bahan bakar minyak (BBM) dunia tidak terkendali. Terlebih ada beberapa faktor yang memengaruhi fluktuasi harga minyak.

Lebih lanjut, Aria mengatakan, fluktuasi harga minyak ini tentu akan berdampak pada penentuan harga BBM di dalam negeri.

Seperti diketahui, saat ini beberapa negara sudah mulai mengelami resesi ekonomi. Krisis pun terjadi di berbagai lini termasuk krisis energi. Indonesia juga turut terdampak akan hal tersebut.

Karena itu, Aria meminta agar PT Pertamina Patra Niaga membuat skema untuk mengatasi krisis ini. Terlebih Indonesia cukup bergantung pada pasokan minyak dari luar negeri.

"Skenario-skenario harus disiapkan pada saat harga BBM nanti memang unpredictable," ujarnya usai memimpin pertemun Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI dengan Direksi PT Pertamina Patra Niaga, di Bandar Lampung, dikutip Selasa, 27 September.

Politisi PDIP itu ikut menyoroti gejolak yang terjadi di negeri ini akibat kenaikan harga BBM bersubsidi sejak awal September lalu.

Aria meminta agar ada kerja sama antar perusahaan BUMN sebagai salah satu solusinya. PT Pertamina Patra Niaga saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk membuat kartu BBM subsidi kepada masyarakat yang berhak.

Dia meminta agar PT Pertamina Patra Niaga dan PT Telkom bekerja sama dengan baik menjalankan wacana kartu BBM subsidi tersebut.

Dengan adanya kartu itu, ia yakin penyaluran subsidi BBM akan tepat sasaran.

"Kita berharap untuk Patra Niaga lebih bisa menerapkan dan bisa kerja sama di dalam menggunakan berbagai sistem supaya penerapan BBM bersubsidi nanti bisa sesuai sasaran yang mana itu kita akan melihat sejauh mana penggunaan kartu," katanya.