Mendag Zulhas Harap Indonesia Jangan Hanya jadi Pasar dan Bergantung pada Negara Lain
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berharap dunia akademisi mampu melahirkan gagasan cemerlang dalam menghadapi tantangan global agar Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

Berbagai terobosan harus dipikirkan agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar dan bergantung pada negara lain.

Hal ini ditegaskan Mendag Zulkifli Hasan dalam kuliah umum di Universitas Riau, Pekanbaru, Riau pada, Senin, 26 September.

Turut mendampingi dalam kuliah umum Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kasan.

"Diharapkan kampus menjadi tempat berdiskusi untuk kemajuan Indonesia. Jika kita tidak bersiap diri maka Indonesia hanya akan menjadi pasar hanya tergantung dari negara lain. Oleh karena itu, saya mengajak para akademisi untuk berdiskusi agar Indonesia lebih produktif untuk mencapai cita-cita," katanya dalam keterangan resmi, Selasa, 27 September.

Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan mengatakan, jika ingin menjadi negara maju pada 2045, Indonesia harus menyerbu pasar dunia.

Untuk itu, Kementerian Perdagangan telah membuka pasar, salah satunya melalui persetujuan dagang dengan Uni Emirat Arab (UEA).

Melalui negara ini, kata Zulhas, Indonesia dapat menyerbu pasar besar di negara-negara kawasan Asia Selatan, Asia Tengah, Timur Tengah, Afrika, Eropa Timur, hingga Amerika Selatan.

"Karena itu, saya buat ‘tollway’-nya agar produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM); pertanian, dan semua produk dari Indonesia bisa menyerbu pasar global," ucapnya.

Tak hanya itu, kata Zulhas, agar pasar dalam negeri Indonesia kokoh, Kementerian Perdagangan juga mengundang pelaku usaha besar untuk membantu pelaku usaha di daerah. Di antaranya dengan menyuplai produk untuk kebutuhan masyarakat di daerah.

"Pelaku usaha besar juga diharapkan dapat melakukan ekspansi ke negara lain," imbuhnya.

Mendag Zulhas juga menyampaikan, Indonesia mempunyai potensi yang luar biasa, khususnya sumber daya manusia kreatif yang tidak kalah dengan negara lain.

“Untuk itu diharapkan dari UNRI dapat melahirkan gagasan yang lebih produktif," pungkas Zulhas.

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan juga memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Riau dan Universitas Islam Riau. Dalam kuliah umum tersebut, Mendag Zulkifli Hasan mengajak mahasiswa turut menentukan arah tujuan Indonesia di tengah dinamika geopolitik dunia.