Harga Pokok Produksi: Penjelasan, dan Cara Kalkulasi
Harga Pokok Produksi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketika Anda menjalankan bisnis yang menjual produk atau layanan apa pun, harga pokok produksi (HPP) adalah metrik penting. Harga pokok produksi merupakan input utama dalam profitabilitas secara keseluruhan, jadi memahami bagaimana sistem itu bekerja dan mengalir ke hasil bisnis Anda sangat penting bagi setiap pemilik atau manajer bisnis.

Jika Anda ingin mengetahui cara kerja harga pokok produksi, lihat rumus harga pokok dan pelajari bagaimana Anda dapat menerapkan harga pokok produksi untuk membantu meningkatkan hasil bisnis jangka panjang Anda.

Apa Itu Harga Pokok Produksi?

Harga pokok produksi adalah jumlah total yang dibayarkan bisnis Anda sebagai biaya yang terkait langsung dengan penjualan produk.

Bergantung pada bisnis Anda, itu mungkin termasuk produk yang dibeli untuk dijual kembali, bahan mentah, pengemasan, dan tenaga kerja langsung yang terkait dengan produksi atau penjualan barang.

Dengan kata lain, bahan yang digunakan untuk menghasilkan produk dan tenaga kerja yang digunakan untuk membuat setiap unit dapat dimasukkan dalam harga pokok produksi. Jika Anda mengeluarkan biaya penjualan khusus untuk item tersebut, seperti komisi, biaya tersebut juga dapat dimasukkan dalam HPP. Istilah akuntansi untuk ini adalah biaya langsung.

Jika biaya bersifat umum untuk bisnis Anda, seperti sewa, mesin baru, atau biaya pemasaran umum, itu bukan biaya yang 100% didedikasikan untuk item tertentu. Biaya tidak langsung tersebut dianggap sebagai overhead, bukan harga pokok produksi.

Harga pokok produksi adalah angka penting yang harus dilacak oleh pemilik dan manajer bisnis. Itu adalah harga terendah mutlak Anda dapat menjual produk untuk mencapai titik impas. Setiap margin tambahan kembali ke menutupi overhead dan akhirnya keuntungan. Jika Anda tidak tahu HPP dan titik impas Anda, Anda tidak tahu apakah Anda menghasilkan atau kehilangan uang.

Untuk membantu Anda melacak profitabilitas Anda tanpa gelar MBA atau akuntansi, lihat template untung dan rugi Square untuk bisnis apa pun. Harga pokok produksi merupakan input utama dalam laporan laba rugi, yang biasanya disebut laporan laba rugi oleh perusahaan besar. Istilah "laporan laba rugi" dan "laporan laba rugi" digunakan secara bergantian.

Menghitung harga pokok produksi

Akuntan dan pemegang buku menggunakan rumus standar untuk menghitung harga pokok produksi untuk produk fisik:

Persediaan Awal + Pembelian - Persediaan Akhir = Harga pokok produksi

Jika Anda memiliki biaya tenaga kerja manufaktur atau biaya penjualan langsung, Anda dapat memasukkannya juga, tetapi itu mungkin tidak berlaku untuk semua bisnis.

Biaya inventaris mungkin sedikit lebih rumit untuk dihitung tergantung pada metode inventaris bisnis Anda. Jika Anda menggunakan LIFO "masuk terakhir, keluar pertama" atau FIFO "masuk pertama, keluar pertama", misalnya, biaya yang Anda sertakan dapat bervariasi.

Contoh harga pokok produksi

Harga pokok produksi juga dapat disebut sebagai “harga pokok produksi”. Perusahaan publik diwajibkan oleh hukum untuk membagikan informasi ini dalam laporan tahunan mereka, sehingga Anda selalu dapat melihat harga pokok produksi, atau harga pokok produksi, untuk setiap perusahaan yang terdaftar di bursa saham utama AS.

Berikut adalah contoh hipotetis untuk bisnis kecil, dihitung menggunakan rumus harga pokok produksi standar:

Persediaan Awal + Pembelian - Persediaan Akhir = Harga pokok produksi

Persediaan Awal: Rp.15.000

Pembelian: Rp.20,000

Barang Tersedia untuk Dijual: Rp.35.000

Dikurangi: Persediaan Akhir: (Rp.10.000)

Harga pokok produksi: Rp.25.000

Belajar dari harga pokok produksi

Agar lebih nyaman dengan nomor bisnis Anda, pikirkan bisnis Anda dengan cara ini untuk lebih memahami HPP Anda.

Harga pokok produksi adalah kontributor utama margin: Bisnis Anda tidak akan pernah menghasilkan uang jika harga pokok produksi lebih tinggi dari harga produk Anda. Selalu lacak HPP untuk membantu memastikan Anda menghasilkan laba operasional.

Dapatkan pemahaman yang tepat tentang HPP: Jangan hanya melihat hasil HPP tingkat tinggi. Lihatlah setiap biaya yang mendasari untuk peluang penghematan.

Secara strategis mengurangi harga pokok produksi: Bahkan kemajuan kecil pada HPP menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. Untuk bisnis dengan margin rendah seperti restoran dan pengecer umum, perbedaan kecil dalam HPP dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda.

Pertahankan fokus jangka panjang: Berhati-hatilah untuk menghindari pemotongan yang membahayakan pengalaman pelanggan, kualitas produk, atau pengalaman karyawan Anda, karena dapat berbalik dan merusak pandangan jangka panjang Anda.

Anda tidak memerlukan latar belakang keuangan yang kuat untuk menggunakan HPP untuk membangun strategi bisnis jangka panjang yang lebih menguntungkan. Siapapun dapat menggunakan HPP untuk meningkatkan bisnis mereka.

Setelah mengetahui harga pokok produksi, simak berita menarik lainnya hanya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!