Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani diketahui memenuhi undangan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-65 Malaysia di kedutaan Jakarta tengah pekan ini. Dalam kesempatan tersebut, Menkeu menyampaikan bahwa sebagai salah satu saudara paling dekat di Asia Tenggara, hubungan diplomatik Indonesia dengan Malaysia dimulai pada 1957.

“Di masa yang penuh beragam dinamika dan tantangan ini, hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia tetaplah kuat dan didukung komitmen untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang,” ujarnya melalui akun Instagram pribadi @smindrawati pada Jumat, 2 September.

Menkeu mencatat, Malaysia merupakan partner perdagangan terbesar kedua Indonesia dan investor nomor delapan pada periode 2021. Disebutkan pula jika Indonesia dan Malaysia aktif bekerja sama di bawah mekanisme Indonesia–Malaysia–Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan juga Brunei Darussalam–Indonesia–Malaysia–Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP EAGA) melalui MoU Air and Sea Linkages.

“Komitmen penguatan hubungan bilateral juga diwujudkan melalui kunjungan kenegaraan yang telah dilakukan oleh Kepala Negara masing-masing,” tegasnya

Lebih lanjut, sebagai salah satu pendiri ASEAN dan juga negara yang memiliki begitu banyak kesamaan baik sejarah, budaya, dan agama, Pemerintah Indonesia berharap kerja sama yang telah terbangun selama ini dapat terus terawat dan menguat.

“Harapan tulus dan doa kami, semoga Malaysia dan Rakyat Malaysia dapat selalu damai dan sejahtera, sehat, aman sentausa,” katanya.

“Dari The 65th National Day of Malaysia and The 65th Anniversary of The Diplomatic Relations Between Malaysia and The Republic of Indonesia. Jakarta, 2 September 2022,” tutup Menkeu Sri Mulyani.