Jadwal Super Padat, Ini Sederet Agenda Sri Mulyani Pimpin RI di IMF - WBG Spring Meetings 2022 Hari Kedua
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Panitia Nasional Presidensi G20 Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memimpin delegasi Indonesia dalam rangkaian IMF-WBG Spring Meetings 2022 di Washington DC, Amerika Serikat yang telah berlangsung sejak awal pekan ini.

Dalam siaran pers hari ini, disebutkan bahwa Menkeu mengawali agenda hari kedua dengan memimpin pertemuan Koalisi Para Menteri Keuangan untuk Perubahan Iklim.

“Pertemuan Koalisi ditujukan untuk mendiskusikan upaya Koalisi dalam menanggapi krisis energi yang terjadi tanpa harus mengorbankan tujuan jangka menengah dalam penanganan isu perubahan iklim,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari, Rabu, 20 April.

Kemudian, Menkeu Sri Mulyani menjadi panelis pada acara Tackling Food Insecurity: The Challenge and Call to Action, bersama dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat, Managing Director IMF, Presiden Bank Dunia, dan Presiden IFAD.

Dalam acara tersebut, bendahara negara menyerukan perlunya tindakan untuk mengatasi potensi terjadinya krisis ketahanan pangan sebagai dampak dari perang di Ukraina.

Agenda selanjutnya diteruskan dengan menghadiri acara yang diselenggarakan oleh IMF dengan tajuk A Dialog with G20 Emerging Markets. Dialog ini dipimpin oleh Managing Director IMF dan dihadiri oleh negara-negara emerging market anggota G20, antara lain Indonesia, Saudi Arabia, Argentina, Brazil dan Afrika Selatan.

Jadwal Menkeu selanjutnya adalah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden dua Lembaga keuangan internasional yaitu ADB dan Bank Dunia, dan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara mitra utama, yaitu Menteri Keuangan Amerika Serikat, Malaysia, Argentina, dan Brazil.

Secara terperinci, Pertemuan dengan Presiden Bank Dunia membicarakan soal proses reformasi kebijakan di Indonesia.

Lalu, pertemuan dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat banyak membahas mengenai agenda agenda prioritas pada Presidensi G20 Indonesia, salah satunya adalah pembentukan fasilitas pembiayaan untuk pencegahan, kesiapsiagaan dan penanganan pandemi di masa depan.

Terakhir, Menkeu Sri Mulyani bertemu Menteri Keuangan Brazil, Argentina, dan Malaysia secara bilateral dengan masing-masing untuk membicarakan upaya dalam mengatasi isu-isu strategis dan penyelesaian persoalan secara kolektif.