Sri Mulyani Rekomendasikan Bank Dunia dan IMF Pertahankan Momentum Reformasi
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati merekomendasikan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk mempertahankan momentum reformasi dan memastikan reformasi tersebut menghasilkan peluang nyata bagi negara-negara berkembang.

“Bank Dunia dan IMF harus mempertahankan momentum reformasi dan memastikan reformasi tersebut menghasilkan peluang nyata bagi emerging market,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya di Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu 24 April.

Dia menyampaikan bahwa Bank Dunia harus lebih percaya diri untuk menetapkan target ambisius untuk evolution deliverables pada fase berikutnya.

Bendahara Negara memiliki harapan besar untuk implementasi Global Challenges Programs dan Knowledge Compact yang mengutamakan kebutuhan dan kondisi klien.

Satu hal besar yang disoroti secara kuat oleh Menkeu Sri Mulyani Indrawati yaitu pricing (cost of borrowing) Bank Dunia yang terlalu mahal dibandingkan MDBs sejawat lainnya saat ini.

Selain itu, Menkeu juga menyinggung pentingnya penambahan kapasitas keuangan Bank Dunia dan penguatan kepentingan dan keterwakilan anggota.

Dia yakin peningkatan modal yang sejalan dengan reviu kepemilikan saham akan memperkuat legitimasi dan tata kelola Bank Dunia di saat lembaga-lembaga global terpercaya sangat dibutuhkan keberadaannya.

Rekomendasi tersebut ia sampaikan dalam kegiatan “Development Committee Meeting”, salah satu rangkaian agenda Pertemuan Musim Semi Dana Moneter Internasional-Kelompok Bank Dunia Tahun 2024 (2024 IMF-WBG Spring Meetings) di Washington DC, Amerika Serikat, pada 15-20 April lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Sri Mulyani turut menyambut baik kemajuan yang dicapai menuju terciptanya Grup Bank Dunia (WBG) yang lebih besar, lebih baik, dan lebih berani (bigger, better, bolder) melalui Peta Jalan Evolusi Grup Bank Dunia (World Bank Group Evolution Roadmap).