10 Negara Pemberi Subsidi BBM Terbesar, Indonesia Peringkat Berapa?
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Indonesia merupakan salah satu negara pemberi subsidi BBM. Subsidi Bahan Bakar Minyak diperlukan agar masyarakat yang tidak mampu bisa menjangkau bahan bakar dengan harga murah.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Kebijakan BBM Bersubsidi membuat harga bahan bakar minyak menjadi di bawah harga pasar atau harga keekonomiannya.

Selain Indonesia, ada beberapa negera lain juga menerapkan kebijakan yang sama. Lantas, negara-negara mana saja yang juga memberikan subsidi bahan bakar minyak? Berikut informasi lengkapnya.

Negara Pemberi Subsidi BBM

Dalam laporan International Energy Agency (IEA), minyak merupakan bahan bakar yang paling banyak disubsidi oleh negara.

Pada 2020, total subsidi BBM yang digelontorkan oleh negara-negara anggota IEA sebesar 90 miliar dolar AS.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut negara-negara yang memberikan subsisi BBM:

1. China

Negara yang menggelontorkan dana paling besar untuk subsidi BBM adalah China. Sebagai negara yang populasi penduduknya lebih dari satu miliar jiwa, China memberikan subsisi BBM sebesar 21,7 miliar dolar.

2. India

Posisi kedua negara pemberi subsisi BBM terbanyak di dunia adalah India. Pada 2020, India menganggarkan 17,1 miliar dolar atau setara Rp238 triliun (kurs14.000) untuk subsidi BBM.

3. Arab Saudi

Total Dana yang disiapkan Arab Saudi untuk subsidi minyak sebesar 8,6 miliar dolar AS atau Rp119 triliun. Angka ini menjadikan Arab Saudi sebagai negara pemberi subsidi BBM terbanyak ketiga, setelah setelah China dan India.

4. Indonesia

BBM Bersubsidi
Ilustrasi. (Antara). 

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, Indonesia masuk ke dalam salah satu negara pemberi subsisi BBM. Dalam IEA 2020, dana yang disediakan pemerintah Indonesia untuk subsidi BBM sebesar 6,9 miliar atau setara Rp90,6 triliun. Subsidi tersebut diberikan agar masyarakat tidak kesulitan saat mengakses BBM.

5. Algeria

Posisi kelima negara pemberi subsisi BBM terbesar dihuni oleh Algeria. Negara ini menganggarkan 5,8 miliar dolar AS yang setara 81,2 triliun untuk subsidi bahan bakar.

6. Mesir

Total subsidi BBM yang diberikan oleh Pemerintah mesir sebanyak 5,3 miliar dolar Atau 74,2 triliun, menurut lapora IEA.

7. Iran

Iran termasuk negara yang paling banyak memberikan subsidi untuk bahan bakar fosil. Dalam laporan IEA tahun 2020, Jumlah dana yang digelontorkan Iran untuk subsidi bahan bakar minyak sebesar 5,0 miliar dolar AS atau Rp 70 triliun sepanjang tahun.

8. Venezuela

Negara yang terletak di Ujung Utara Amerika Selatan ini memberikan subsisi BBM sebesar 4,3 miliar dolar AS atau setara Rp60,48 triliun.

9. Iraq

Dalam setahun, jumlah dana yang dikeluarkan oleh pemerintah Iraq untuk subsidi BBM sebesar 2,9 miliar dolar AS atau senilai Rp40,6 triliun.

10. Libya

Libya adalah negara terakhir yang masuk dalam 10 besar negara pemberi subsisi BBM terbesar. Total anggaran yang dikucurkan pemerintah Libya untuk subsisi BBM sebesar 2,6 miliar dolar AS.

Demikianlah sepuluh negara pemberi subsidi BBM terbesar di dunia. Selain ke-10 negara tersebut, IEA juga mencatat negara-negara yang tidak memberikan subsisi BBM, seperti Korea, Rusia, Afrika Selatan, dan Ukraina.