Ingin Dapat "Cuan" dari Logam Mulia? Kenali Dulu Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Antam
Ilustrasi Emas Antam. (Antara).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apakah Anda memiliki rencana untuk berinvestasi di sektor emas dalam waktu dekat? Jika iya, Anda wajib tahu keuntungan dan kerugian investasi emas antam.

Perlu diketahui, emas Antam adalah produk logam mulia dari PT Aneka Tambang (Antam). Anak perusahaan PT Inalum ini menyediakan emas batangan dengan ukuran beragam.

PT Antam menawarkan logam mulia berukuran kecil mulai dari 0,1 gram hingga 100 gram dan memungkinkan untuk dicetak dengan desain kartu emas menarik.

Di Indonesia, investasi emas Antam sangat digemari. Hanya saja, sebelum berinvestasi, ada baiknya Anda mengetahui keuntungan serta kerugian investasi emas Antam

Keuntungan Investasi Emas Antam 

Sekedar informasi tambahan, logam mulia, termasuk emas merupakan instrumen investasi jangka panjang yang populer di tengah masyarakat, karena risikonya rendah serta likuiditasnya terjamin. Selain itu, harga emas juga cenderung selalu naik setiap tahunnya. 

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut keuntungan investasi emas Antam:

1. Emas Antam Bisa Jadi Alat Tukar Saat Krisis

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, emas adalah logam mulia yang memiliki likuiditas tinggi. Artinya, emas bisa dengan mudah dikonversi (diperdagagkan) menjadi uang tunai di mana saja dan kapan saja, termasuk ketika sebuah negara sedang menghadapi kriris keuangan.

Ketika krisis terjadi, emas bisa digunakan sebagai alat tukar. Anda tidak perlu khawatir nilainya berkurang, sebab emas tidak terpengaruh oleh inflasi.

2. Emas Antam Bisa Menjadi Dana Darurat

Keuntungan lain dari investasi emas Antam adalah bisa dicairkan ketika butuh dana darurat.

Emas Antam
Ilustrasi emas Antam (Antara). 

Adapun emas yang disarankan untuk investasi dana darurat berbentuk logam mulia atau emas batangan.

3. Emas Antam Mudah Dicairkan

Berinvestasi di sektor emas menjadi lebih menguntungkan karena mudah dicairkan. Berbeda dengan investasi lainnya yang sifatnyaa cenderung lebih sulit dicairkan, atau bahkan hanya dapat diklaim pada situasi-situasi tertentu saja.

Dengan demikian, investor akan lebih leluasa karena dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai dengan cara yang lebih mudah.

4. Investasi Emas Antam Tak Kena Pajak

Pemerintah memberi fasilitas bebas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk investor yang membeli emas batangan dan emas granula. Artinya, transaksi pembelian emas, termasuk emas Antam tidak akan dikenai PPN.

Apabila Anda ingin bebas pungutan pajak saat melakukan investasi, maka emas adalah pilihan yang tepat.

5. Emas Antam Dapat Lindungi Nilai Kekayaan

Emas Antam dapat melindungi nilai kekayaan karena nilainya cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga, jika ingin menjualnya kembali, Anda akan mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi dari ketimbang saat membelinya.

Kerugian Investasi Emas Antam 

Meskipun unggul di beberapa hal, investasi emas Antam ternyata juga memiliki kelemahan. Berikut beberapa kerugian yang berpotensi Anda alami saat ketika memutuskan untuk membeli emas Antam:

1. Emas Antam Perlu Tempat Penyimpanan Khusus karena Berisiko Hilang

Salah satu kekurangan investasi emas Antam adalah Anda memerlukan tempat penyimpanan emas untuk mencegah risiko pencurian. Jangan letakkan emas di tempat-tempat yang mudah dijangkau orang.

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa investor memilih untuk merogog kocek lebih dalam guna menyewa safe deposit box di lembaga perbankan. Fasilitas ini berfungsi untuk menyimpang berkas-berkas ataupun barang yang memiliki nilai tinggi.

2. Harga Emas Antam Fluktuatif

Kendati harganya cenderung meningkat setiap tahun, Anda perlu tahu bahwa kenaikan harga tidak terjadi setiap hari.

Terkadang, emas juga mengalami penurunan harga jual. Perubahan-perubahan harga emas Antam ini membuat investor sulit untuk menghitung nilai dari investasi emas yang dimiliki di masa yang akan datang.

3. Emas Antam Masuk Investasi Jangka Panjang

Jika Anda menginginkan keuntungan dalam waktu singkat, emas Antam bukan pilihan yang tepat. Fluktuasi harga emas, tidak menjadi sebuah jaminan seorang investor akan mendapatkan keuntungan dalam waktu yang cepat.

Investasi emas Antam bisa menjadi menguntungkan jika disimpan dalam jangka waktu lama. Artinya, emas termasuk intrumen investasi jangka panjang, dan imbal hasilnya akan semakin besar apabila disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Demikianlah keuntungan dan kerugian investasi emas Antam. Bagimana, tertarik untuk membeli emas Antam?