Simak! Begini Cara Investasi Emas Agar Untung
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Emas atau logam mulia merupakan instrumen investasi yang safe haven dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Kendati demikian, Anda tetap harus mengetahui cara investasi emas agar untung maksimal.

Emas dianggap investasi yang menguntungkan karena harganya cenderung naik dan jarang turun dalam jumlah yang siginifikan. Bahkan, di masa pandemi COVID-19, harga emas mengalami peningkatan yang signifikan.

Cara Investasi Emas Agar Untung

Apabila Anda tertarik untuk melakukan investasi emas, namun belum mengetahui cara investasi emas yang aman dan menguntungkan, tak perlu risau. Kami akan menjelaskan cara investasi emas agar untung.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Senin 5 Agustus 2022, berikut cara investasi emas agar dapat cuan maksimal:

1. Tentukan tujuan investasi emas

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli logam mulia adalah menentukan tujuan dari investasi emas, seperti tabungan pernikahan, dana pendidikan, mendapatkan modal usaha, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, Anda ingin menginvestasikan uang selama 15 tahun untuk keperluan dana pendidikan anak. Kemudian, pendapatan dari gaji Anda sebagian disisihkan dan digunakan untuk membeli emas. Apabila Anda sudah mempunyai tujuan yang jelas seperti ini, maka Anda akan tahu berapa banyak dana yang diinvestasikan dalam emas setiap bulannya gingga waktu yang ditentukan tercapai.

2. Memantau Perkembangan Harga Emas

Perkembangan harga emas sangat mudah untuk di pantau. Banyak platform yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Selain itu, saat ini juga sudah tersedia aplikasi yang bisa menampilkan perkembangan harga emas hari ini.

Mengapa perkembangan harga emas perlu dipantau? Asal tau saja, kendati emas termasuk investasi jangka panjang yang solid, harga emas tetap bisa turun.

Jangan sampai ketika hendak menjual emas, harga emas justru mengalai penurunan. Oleh sebab itu, agar mendapat untung maksimal, Anda harus memantau harga emas secara berkala.

3. Fokus untuk Masa Depan

Seperti yang sudah disinggung di atas, investasi emas termasuk instrumen investasi jangka panjang. Oleh sebab itu, investasi emas sebaiknya digunakan untuk masa depan, seperti untuk 10-15 tahun mendatang.

Dengan demikian, Anda harus sangat bersabar saat melakukan investasi emas. Pasalnya, investasi emas berbeda dengan investasi jual beli yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan secepat mungkin dalam jangka pendek.

4. Mentukan Berapa Banyak Emas yang Harus di Beli per Periodenya

Agar mendapatkan untung maksimal, Anda harus menentukan berapa banyak emas yang harus dibeli per periode. Misalnya, satuan waktu yang digunakan adalah bulan, maka Anda perlu membagi jumlah emas yang telah diperoleh dalam 180 bulan (15 tahun = 180 bulan).

5. Membeli dan Menjual Emas di Tempat yang Terpercaya

Membeli atau menjual emas sebaiknya dilakukan di tempat yang terpercaya. Artinya, emas yang Anda beli haruslah memiliki surat dan sertifikat lengkap yang dianggap sah oleh pemerintah.

Salah satu tempat jual beli emas yang terpercaya adalah PT ANTAM. Anda bisa mendatangi langsung gerai penjualan emas di kantor ANTAM atau melalui situs e-commerce yang menyediakan emas ANTAM secara resmi.

Pun demikian ketika Anda ingin menjual emas, sebisa mungkin lakukan di tempat yang sama untuk mengindari kerugian dan kecurangan penjual.

Demikianlah cara investasi emas agar untung. Apakah Anda sudah mantap untuk investasi emas?