Zulkifli Hasan Jadi Mendag, Asosiasi Pedagang Pasar: <i>Welcome to The Jungle</i> Pak Menteri
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai pelantikan menteri/wakil menteri reshuffle /Youtube Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) turut menyambut Zulkifli Hasan yang baru saja dilantik sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Ikappi mengingatkan bahwa posisi Menteri Perdagangan saat ini cukup rumit.

"IKAPPI belum bisa banyak berkomentar terhadap Mendag yang baru tetapi kami ingin menyambut welcome to the jungle kepada Pak Menteri," ujar Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri, dalam keterangan tertulis, Rabu, 15 Juni.

Mansuri berpesan kepada Zulkifli Hasan agar berpihak kepada pedagang pasar tradisional, dan juga pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ia juga meminta Zulhas memperkuat perdagangan dalam negeri.

Mansuri mengatakan, menduduki posisi Menteri Perdagangan bukan hal yang mudah saat ini. Sebab, banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi.

Salah satunya adalah persoalan minyak goreng yang tak kunjung selesai sejak awal tahun.

"Menteri Perdagangan merupakan (posisi) menteri yang cukup rumit. Karena menghadapai persoalan akhir-akhir ini menjelang Iduladha. Memang ini tidak bisa diselesaikan secara langsung tetapi harapan IKAPPI ada upaya perbaikan, penertiban dan konsolidasi nasional untuk kembali memulihkan ekonomi dalam negeri," ucapnya.

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara pada hari ini, Rabu, 15 Juni.

Zulkifli Hasan kini menjabat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M. Lutfi sementara Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Acara pelantikan ini diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya. Para tamu undangan termasuk ketua umum partai politik juga tampak hadir dalam kegiatan tersebut.

Setelah Indonesia raya dibacakan, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti membacakan Kepres No 64 P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

"Mengangkat sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Masing-masing, Saudara Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Saudara Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN)," demikian kata Nanik membacakan kutipan Keppres yang ditetapkan pada Selasa, 15 Juni.