Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Cabai Bonus bagi Petani, Pedagang Pasar: Jangan Hibur Pedagang dan Petani dengan Kesalahan Berlogika
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. (Foto: Dok. Kemendag)

Bagikan:

JAKARTA - Wasekjen  Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Bidang Pembinaan Pasar dan Pendidikan Pedagang Pasar, Ahmad Choirul Furqon menyayangkan pernyataan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan yang menganggap kenaikan harga cabai sebagai bonus bagi para petani cabai.

"Kami sangat menyayangkan pernyataan Menteri Perdagangan Bapak Zulkifli Hasan. Entah itu diniatkan guyonan atau tidak, namun hal tersebut tidak sepantasnya dilakukan oleh seorang Menteri, jangan hibur pedagang atau petani dengan logical fallacy atau kesalahan berlogika," katanya dalam keterangan resmi, Kamis, 23 Juni.

IKAPPI menilai bahwa masalah yang terjadi tidak semudah yang dijelaskan oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.

"Masalah yang terjadi di lapangan tidak semudah atau sesimpel yang dijelaskan oleh Mendag Zulhas. Yang terjadi di lapangan jauh lebih komplek dan sebenarnya harus segera diberikan penanganan sangat serius," ujarnya.

Lebih lanjut, IKAPPI menjelaskan bahwa sebenarnya harga cabai di tingkat petani normal dan tidak ada kenaikan signifikan. Karena itu, Furqon menilai ada kesalahan di rantau distribusi, jika terjadi kenaikan harga yang tidak rasional.

"Kami sedikit banyak berdiskusi dengan beberapa petani, mereka mengatakan harga dari petani normal, bahkan tidak ada kenaikan yang signifikan, hal ini juga telah diafirmasi Mentan beberapa hari yang lalu. Jadi apabila terjadi kenaikan harga yang tidak rasional, berarti ada masalah besar di jalur tengah, yaitu rantai distribusi pangan," ucapnya.

Furqon menambahkan bahwa ketidaknormalan harga pangan seperti cabai ini memberikan domino efek. Sehingga apabila tidak ditangani dengan serius akan merugikan pedagang yang ada di hilir.

"Harga yang tidak normal di pasar saat ini tidak selayaknya ditanggapi dengan selorohan bercanda. Apabila permasalahan ini tidak segera diatasi di tingkat hulu, maka akan memberikan domino efek ke sektor usaha di hilir," ujar Furqon.

Furqon juga berharap adanya masalah ini tidak memberikan dampak buruk terhadap citra Kementerian Perdagangan secara institusi maupun Menteri Perdagangan secara personal.

"Masalah ini tidak dapat dibiarkan berlarut-larut, bahan pangan pokok merupakan Sesuatu yang penting untuk memenuhi hajat hidup seluruh masyarakat Indonesia. Jangan sampai masalah yang dibuat selorohan ini akan menyebabkan dampak buruk berupa distrust public terhadap Kemendag secara lembaga atau Mendag, Zulhas secara personal," katanya.

Sekadar informasi, harga pangan pokok mengalami kenaikan signifikan. Salah satunya adalah cabai. Menanggapi hal tersebut Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan justru menilai kenaikan harga ini sebagai bonus bagi para petani cabai.

"Kalau cabai keriting cabe merah musiman ya sekali-kali petani dapat bonus lah," kata Zulkifli ditemui di Istana Negara, Senin 20 Juni.