Kolaborasi Tokopedia dan BRI Dinilai Perkuat Ekosistem GoTo
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pakar bisnis sekaligus Managing Partner Inventure Yuswohady menilai kolaborasi Tokopedia dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menghadirkan layanan keuangan digital berupa kartu kredit Tokopedia Card akan berdampak positif terhadap bisnis dan memperkuat ekosistem PT GoTo Gojek Tokopedia selaku perusahaan induk.

Saat ini Tokopedia memiliki basis pengguna yang sangat besar yang dapat menjadi salah satu channel bagi BRI dalam memasarkan produknya. Di sisi lain, Tokopedia mendapat tambahan metode pembayaran bagi penggunanya yang dapat meningkatkan transaksi di e-commerce karena menjadi lebih mudah bagi konsumen untuk berbelanja barang dengan nilai yang lebih tinggi.

"Tujuan kolaborasi ini adalah untuk memperkuat ekosistem dan kolaborasi ini win-win solution bagi semua pihak. Begitu pun ketika Tokopedia dengan Gojek bergabung menjadi GoTo, dimana yang satu menguasai bisnis transportasi dan satunya di e-commerce, jadi kolaborasi ekosistem," ujar Yuswohady dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Rabu 8 Juni.

Dengan demikian, lanjutnya, akan terbangun bisnis yang bersifat consumer centric, semua kebutuhan konsumen dapat dipenuhi dalam satu platform. Dengan ekosistem itumembuat Tokopedia bisa masuk ke bisnis apapun.

Dengan Tokopedia Card, katanya, diharapkan memberikan kemudahan kepada pengguna Tokopedia, tidak hanya dalam berbelanja, namun juga dalam mengajukan aplikasi kartu kredit dan memantau penggunaannya.

"Makanya waktu itu start-up melakukan 'bakar duit', merupakan investasi dalam membangun pola, membangun ekosistem, melengkapi layanan dan basis konsumen itu. Jadi sekarang mereka tinggal memanen apa yang sudah dia bangun," katanya.

Sebelumnya Co-Founder and Director Tokopedia Leontinus Alpha Edison mengatakan hadirnya Tokopedia Card akan melengkapi sistem pembayaran yang sudah ada, seperti GoPay. Masyarakat kini lebih memilih pembayaran nontunai, salah satunya melalui kartu kredit. "Yang jadi favorit pengguna kartu kredit karena adanya keringanan cicilan," ujarnya.

Dengan adanya pembayaran bertahap melalui Tokopedia Card tersebuf, juga akan memudahkan konsumen dalam mengatur pengeluaran mereka. Harapannya, kerja sama dengan BRI itu bermanfaat bagi Tokopedia dalam meningkatkan loyalitas konsumen dalam berbelanja di platformnya.

Peningkatan loyalitas dan basis konsumen akan membuat Tokopedia menjadi lebih efisien dalam menjaring pengunjung dan meningkatkan transaksi di platformnya.

Berdasarkan data situs agregator belanja daring, iPrice, total pengunjung Tokopedia pada Januari-Maret 2022 mencapai 157 juta orang dan menjadikan e-commerce lokal tersebut menjadi toko belanja daring paling diminati di Indonesia sepanjang kuartal I 2022.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman mengatakan, berdasarkan Consumer Payment Attitude Study terbaru Visa terhadap 1.000 responden di Indonesia menunjukkan bahwa 7 dari 10 konsumen telah menggunakan aplikasi atau website untuk berbelanja pertama kali sejak terjadinya pandemi.

Data studi tersebut juga menunjukkan adanya peningkatan konsumen menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, baik secara online maupun secara tatap muka menggunakan fitur nirkontak.

"Hadirnya Tokopedia Card menjadi upaya nyata Tokopedia, BRI, dan Visa untuk bersama-sama mendukung misi pemerintah menuju masyarakat nontunai," ujar Riko.