Demi Dukungan Digital, MPM Milik Konglomerat Edwin Soeryadjaya dan Sandiaga Uno Jual Unit Usaha Rental ke Perusahaan Singapura Rp783,78 Miliar
Konglomerat Edwin Soeryadjaya dan Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Twitter @sandiuno)

Bagikan:

JAKARTA - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) melepas sebagian besar saham di salah satu unit usahanya ke Trusty Cars Pte. Ltd. Trusty Cars adalah perusahaan yang menjalankan bisnis Carro, pasar daring (marketplace) mobil bekas Asia Tenggara yang berkantor pusat di Singapura. 

Dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Senin 6 Juni, perusahaan milik konglomerat Edwin Soeryadjaya dan Sandiaga Uno ini melepas 49,99 persen saham PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMR). Nilainya mencapai 53,76 juta dolar AS atau setara dengan Rp783,78 miliar.

MPMR merupakan suatu perseroan terbatas berstatus perusahaan tertutup (privately-held company). Perusahaan ini didirikan dan menjalankan kegiatan usahanya di Indonesia.

Adapun Ruang lingkup kegiatan usaha MPMR adalah bergerak dalam bidang penyewaan kendaraan dan sopir, lelang kendaraan, dan penjualan mobil bekas.

Atas transaksi ini, nantinya kepemilikan saham MPMX di MPMR menjadi 50 persen dan sisanya dikendalikan Trusty Cars.

Manajemen MPMX menjelaskan, pelepasan 50 persen saham MPMR seiring dengan kebutuhan masyarakat akan kenyamanan transportasi. Manajemen berkeyakinan industri sewa mobil dan jual beli mobil bekas memiliki prospek pertumbuhan yang positif.

Namun, hal ini tidak terlepas dari tantangan industri, antara lain dalam menghadapi era digitalisasi. Pada masa mendatang, perseroan meyakini pertumbuhan industri transportasi memerlukan dukungan platform digital yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik, untuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin mengarah pada kemudahan platform digital. 

Adapun Setelah transaksi divestasi menjadi efektif, dengan pengalaman yang dimiliki perseroan dan dukungan platform digital Carro, perseroan mengharapkan dapat mengintegrasikan bisnis MPMR dan entitas anaknya.

"Terutama dalam rangka peningkatan layanan sehingga dapat tercipta sinergi usaha yang diharapkan dapat mendukung peningkatan kinerja keuangan konsolidasian perseroan pada masa yang akan datang dan memberikan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham Perseroan," tulis manajemen MPMX.