Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara hari ini memberikan pengarahan kepada para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Angkatan 185 dan 186 jelang keberangkatan beberapa waktu mendatang.

Menurut Suahasil, para mahasiswa yang terpilih merupakan kelompok paling beruntung dan berstatus terbaik. Pasalnya, beasiswa LPDP menyediakan fasilitas pendidikan unggulan di Indonesia dan juga seluruh kampus ternama dunia secara gratis.

“Anda sebagai penerima beasiswa itu saya bisa katakan adalah kelompok elite,” ujarnya melalui saluran virtual pada Jumat, 27 Mei.

Suahasil menjelaskan bahwa tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mengenyam pendidikan berkualitas. Apalagi fasilitas yang diterima itu merupakan andil keuangan negara yang disokong oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Kalian kelompok elite yang mendapatkan manfaat dari pengelolaan uang negara. Kalau anda adalah kelompok elite, maka anda punya kewajiban untuk menjadi elite yang baik. Elite yang memberikan manfaat kepada sekelilingnya,” tutur anak buah Sri Mulyani itu menambahkan.

Oleh karena itu Suahasil ingin para peserta LPDP yang telah menyelesaikan pendidikan dapat berkontribusi balik ke masyarakat dalam bentuk sumbangsih karya dan pemikiran bagi pembangunan.

“Kalian harus memberikan manfaat kepada rakyat Indonesia karena uang untuk anda sekolah berasal dari uang rakyat,” tegasnya.

Mengutip informasi yang disiarkan oleh Kementerian Keuangan, diketahui bahwa total dana abadi pendidikan hingga Maret 2022 mencapai Rp99,1 triliun. Dana tersebut berasal dari sebagian anggaran pendidikan di APBN yang setiap tahun disisihkan sejak periode 2007 yang lalu.