Ini Deretan Aplikasi Pesan Makanan Online dan Cara Daftarnya
Ilustrasi. (Foto: Dok. Shutterstock/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kemajuan teknologi telah memudahkan kegiatan manusia. Salah satunya yang paling banyak digunakan saat ini adalah aplikasi pesan makanan online.

Dengan menggunakan aplikasi maka seseorang bisa membeli makanan melalui smartphone, kamu cukup memilih makanan dan minuman yang ada dalam aplikasi, maka kamu tidak harus ke lokasi penjual makanan tersebut.

Bahkan penjual makanan yang telah besar pun memanfaatkan aplikasi pesan makanan online untuk konsumennya. Sehingga Jangan heran jika saat ini banyak aplikasi pesan makanan bermunculan. Inilah rekomendasi aplikasi makanan yang banyak digunakan:

1. GoFood

Aplikasi GoFood, merupakan salah satu layanan dari Gojek. Layanan ini menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman, mulai dari restoran siap saji hingga pengusaha makanan rumahan. Aplikasi ini jadi satu dengan aplikasi Gojek Sehingga mudah sekali ditemukan.

Melalui layanan GoFood, kamu bisa memilih makanan atau minuman yang disuka melalui ragam pilihan restoran yang tersedia di dalamnya. Di dalam fitur GoFood juga akan menemukan tempat makan yang terdekat dari rumah atau tempat kamu berada.

Seluruh makanan yang tersedia dari pilihan restoran yang ada di GoFood tentunya fresh karena dibuat berdasarkan pesanan. Jadi tidak perlu khawatir makanan yang dipesan sudah dingin ataupun tak nikmat lagi.

2. SayurBox

Tak perlu repot berbelanja bahan pangan harian ke pasar ataupun supermarket, kini membeli bahan pangan seperti sayuran dan bumbu dapur dapat dilakukan melalui aplikasi Sayurbox. Aplikasi yang sedang berkembang ini menyediakan pilihan bahan pangan mulai dari sayur, buah, daging, ikan, hingga bumbu-bumbu dapur secara lengkap dan bersih.

Bekerja sama dengan petani lokal, Sayurbox mendistribusikan pilihan bahan pangan dengan kualitas terbaik. Aplikasi Sayurbox dapat menghemat waktu berbelanja, karena kamu cukup memilih bahan-bahan yang ingin dipesan secara online dan menunggu dirumah.

Hanya saja, Sayurbox baru bisa digunakan di kota-kota besar. Aplikasi ini sedang terus berkembang agar dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru daerah.

3. ShopeeFood

Aplikasi marketplace Shopee kini telah menambah layanan pengantaran makanan dan minuman secara online bernama Shopee Food untuk para pelanggan setianya. Hampir sama dengan GoFood dan GrabFood, ShopeeFood menawarkan layanan yang membantu pelanggannya memesan makanan. 

Tak hanya itu, pelanggan dengan mudah bisa melakukan pembayaran melalui uang virtual yang dimiliki Shopee, yaitu ShopeePay. Meski tergolong cukup baru, ShopeeFood kini makin dikenal dan populer, lho. Banyak promo yang bisa didapatkan di momen tertentu dan sangat menarik untuk dicoba.

4. GrabFood

Aplikasi pesan makanan lainnya adalah GrabFood, layanan pesan makanan online yang hampir sama dengan GoFood. Aplikasi ini juga melayani antar makanan kepada rumah pelanggan langsung hanya dengan memesan dari aplikasi telephone. Berbagai restoran tersedia di layanan aplikasi satu ini.

Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai promo menarik terkait dengan layanan pesan antar GrabFood ini. Kamu bisa menggunakan promo atau voucher saat membeli makanan. Jika beruntung, akan mendapatkan voucher diskon hingga gratis ongkos kirim,

Cara Daftar GrabFood Online

Cara daftar GrabFood kini bisa dilakukan dengan mudah secara online. Bagi pegiat kuliner yang ingin bergabung menjadi Grab Merchant kamu harus tahu cara daftar GrabFood dan melengkapi berbagai persyaratannya.

Grabfood merupakan salah satu layanan pesan antar makanan milik perusahaan transportasi online. Bagi pemilik usaha kuliner maka kamu bisa mendaftar sebagai mitra dari Grab. Nah untuk mendaftarkan usaha kamu maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Jika semua syarat terpenuhi maka kamu bisa mulai mendaftarkan usaha kuliner kamu,  berikut langkah yang dapat kamu lakukan:

1. Verifikasi email

Ketika kamu akan mendaftar mitra GrabFood maka kamu harus mengunjungi halaman resmi GrabFood. Kemudian mengisi formulir awal seperti nama warung, alamat, kota, nama pemilik/penanggung jawab warung, nomor handphone, dan email.

Setelah mengisi semuanya, kamu akan dikirimkan email verifikasi ke alamat email yang tadi didaftarkan. Kamu harus segera melakukan verifikasi itu dalam kurun waktu 72 jam.

2. Lengkapi informasi toko

Setelah mendapatkan email verifikasi dari proses pertama, maka kamu akan mendapatkan tautan baru yang berisi formulir yang harus diisi. Kamu akan dibawa masuk ke halaman help Grab untuk mengisi formulir pendaftarannya.  

Di dalam formulir itu ada banyak kolom yang harus kamu isi terkait dengan informasi warungmu. Nah, cara daftar GrabFood yang ini sangat penting, jadi harus diisi dengan saksama dan jangan sampai salah ya.

Informasi yang kamu perlu isi, yaitu:

#Nama warung/restoran serta identitas pribadi, identitas restoran, nama pribadi, nomor HP, surel atau email, hingga upload foto logo restoran sebagai identitas restoran.

#Jadwal beroperasi yang meliputi jadwal buka dan tutup dari restoran/warung. Pilih hari dan jam saat resto buka dan tutup. Klik tanda panah hijau yang ada di bawah untuk melanjutkan proses pendaftaran.

#Jenis makanan, keterangan, dan daftar menu beserta dengan harga dan fotonya untuk dicantumkan ke aplikasi GrabFood.

#Tambahkan menu dengan menekan tombol plus (+). Kamu Juga bisa menghapus menu dengan tombol X. Isi nama resto, jenis makanan, menu dan juga harga sesuai dengan yang ada di tempat makan kamu. Nah, setelah tahap ini berarti kamu sudah menyelesaikan pendaftaran.

Karena banyaknya kolom informasi yang harus diisi maka sebaiknya kamu melakukan tahapan pengisian formulir ini perlahan saja. Periksa dengan teliti data-data yang kamu berikan sebelum dilanjutkan pada proses selanjutnya.

Jika kamu yakin semua data sudah terisi dengan benar, tekan tanda panah hijau yang ada di paling bawah.

3. Penandatanganan kontrak

Tahapan selanjutnya dalam tutorial cara daftar GrabFood online adalah Grab akan melakukan verifikasi atas seluruh kelengkapan dokumen yang telah kamu kirim. Dalam waktu 2 hari kerja kamu akan diberitahu apabila terdapat informasi yang kurang lengkap atau ada kesalahan.

Tetapi jika pihak Grab menyetujui pengajuan yang kamu kirimkan, maka kamu akan mendapatkan email balasan dari pihak Grab yang berisi tentang kontrak kerja sama yang harus ditandatangani (Subject Email: Tandatangani lah perjanjian kerjasama GrabFood).

4. Mendapat email verifikasi outlet

Selesai tanda tangan kontrak, kamu bakal mendapatkan email verifikasi outlet (Subject Email : GrabFood - Verifikasi Email Anda).

Lakukan verifikasi dalam waktu 72 jam dengan klik link yang dilampirkan di dalam email. Kalau lewat dari batas waktu yang ditentukan, verifikasi warungmu bakalan gagal, dan kamu perlu meminta email verifikasi lagi dengan menghubungi tim telesales GrabFood.

5. Proses tim dari OVO

Seperti yang diketahui, segala pembayaran digital GrabFood hanya melalui aplikasi OVO. Karena itu, penting bagi kamu pemilik warung untuk melewati proses OVO. Proses ini terkait dengan pembuatan rekening dan pengaktifannya.

Akan ada tahapan validasi antara akun OVO dengan warung makan. Nantinya tim OVO akan meminta verifikasi namakamu, restoran, dan alamat restoran kamu. Nah, setelah semua data selesai divalidasi, kamu akan mendapat notifikasi dari timOVO.

Sementara itu untuk memudahkan transaksi usaha kuliner kamu yang tergabung dengan Grabfood maka kamu juga bisa menggunakan aplikasi majoo Indonesia yang memudahkan bisnis kamu menjadi sebuah sistem yang terkomputerisasi.