Bagikan:

JAKARTA – Selain menghapus email, seluruh pengguna Gmail bisa mengarsipkan email yang mereka tidak inginkan. Ketika email diarsipkan, pesan akan hilang dari kotak masuk, tetapi bisa ditemukan dengan mudah.

Jika Anda lebih tertarik menyimpan email dengan cara mengarsipkannya, hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Berikut ini cara mengarsipkan dan mengembalikan email yang sudah diarsipkan, dikutip dari How to Geek.

Cara Mengarsipkan Email

Anda bisa mengarsipkan email dengan cara memilih salah satu email atau beberapa email sekaligus, lalu klik tombol arsipkan. Di situs web Gmail, tombol Arsipkan akan terlihat di deretan ikon, sedangkan di ponsel tombol akan terlihat di samping ikon Hapus.

Setelah tombol diketuk, seluruh pesan akan langsung menghilang dari tab pesan masuk dan berbagai folder khusus yang Anda buat. Namun, Anda masih bisa memunculkan emailnya kembali melalui folder arsip.

Cara Menemukan Email Diarsipkan

Jika Anda ingin menemukan email yang diarsipkan di situs web Gmail, Anda bisa mengeklik tombol More atau Lainnya di deretan folder Gmail. Setelah itu, klik Semua Email hingga seluruh pesan yang sempat Anda terima muncul atau terlihat.

Berbeda dengan aplikasi Gmail di iPad, iPhone, atau ponsel Android, Anda perlu mengeklik ikon garis tiga horizontal di sudut kanan atas. Berikutnya, gulir layar ke bawah untuk mencari folder Semua Email, lalu klik untuk mencari email yang diarsipkan.

Selain dua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan kotak pencarian di situs web maupun aplikasi Gmail. Caranya sama, Anda hanya perlu mengetikkan -in:Sent -in:Draft -in:Inbox. Jika sudah, seluruh email yang telah diarsipkan akan terlihat.