JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada April 2022 didapati bahwa keyakinan konsumen meningkat seiring dengan perbaikan kondisi ekonomi.
Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2022 yang berada di level 113,1 atau meningkat dari Maret 2022 yang sebesar 111,0.
“Peningkatan IKK terpantau pada mayoritas kategori pengeluaran, kelompok usia, serta kategori pendidikan responden,” ujarnya dalam keterangan resmi pada Rabu, 11 Mei.
Menurut Erwin, secara spasial kenaikan IKK terjadi di sebagian besar kota cakupan survei dengan bukuan tertinggi berada di kota Bandar Lampung dan diikuti kota Samarinda serta Denpasar.
BACA JUGA:
“Keyakinan konsumen pada April 2022 yang meningkat didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini,” tegas dia.
Lebih lanjut, Erwin menerangkan jika peningkatan ini berkaitan dengan persepsi terhadap penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama (durable goods) yang meningkat.
“Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada di level optimis (level lebih dari 100) meskipun tidak setinggi bulan sebelumnya, ditopang terutama oleh ekspektasi penghasilan,” tutup dia.