Survei BI: Keyakinan Konsumen Berpengeluaran Rp1 Juta-3 Juta pada Februari 2021 Meningkat, Surabaya Paling Tinggi
Patung Suro dan Boyo. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Keyakinan konsumen di Tanah Air pada Februari 2021 mulai membaik. Setidaknya itu yang terlihat pada hasil survei yang dilaksanakan Bank Indonesia (BI), di mana keyakinan konsumen paling membaik ada di Kota Surabaya.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Februari 2021 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2021 sebesar 85,8, sedikit meningkat dari 84,9 pada Januari 2021.

"Keyakinan konsumen terpantau menguat pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp1-3 juta per bulan. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 7 kota yang disurvei, dengan kenaikan tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Makassar,"ujar Erwin dalam keterangan tertulisnya, Senin 8 Maret.

Ia menuturkan, keyakinan konsumen yang membaik pada Februari 2021 ini didorong oleh persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini, baik dari aspek ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, maupun ketepatan waktu pembelian barang tahan lama.

"Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap positif dan relatif stabil dibandingkan dengan ekspektasi pada bulan sebelumnya, ditopang oleh ekspektasi terhadap penghasilan ke depan," jelasnya.