Sinyal Positif! Optimisme Konsumen <i>Ngegas</i> Jelang Lebaran
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa survei konsumen terbaru pada Maret 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2023 sebesar 123,3, lebih tinggi dibandingkan dengan 122,4 pada Februari 2023.

“Peningkatan optimisme terutama tercatat pada responden dengan pengeluaran lebih dari Rp5 juta,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Selasa, 11 April.

Menurut Erwin, Secara triwulanan, IKK triwulan I 2023 berada di area optimis pada level 122,9, lebih tinggi dibandingkan dengan 119,7 pada triwulan IV 2022.

“Keyakinan konsumen juga terpantau optimistis pada seluruh kategori usia dengan peningkatan paling besar di Banten (14,3 poin), Mataram (9,1 poin) dan Surabaya (7,3 poin),” tuturnya.

Erwin menjelaskan, menguatnya keyakinan konsumen pada Maret 2023 didorong oleh kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Kata dia, peningkatan IKE terutama terjadi pada komponen indeks penghasilan saat ini.

“Sementara peningkatan IEK terjadi pada indeks ekspektasi kegiatan usaha dan indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja,” tutup dia.