Bank Indonesia: Ketersediaan Lapangan Kerja dan Penghasilan Dongkrak Optimisme Konsumen Jelang Tutup Tahun
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada November 2021 adalah sebesar 118,5.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan periode Oktober 2021 yang sebesar 113,4.

“Penguatan keyakinan konsumen pada November 2021 didorong oleh perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, terutama persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan,” ujarnya seperti yang dilansir laman resmi, Rabu, 8 Desember.

Menurut Erwin, survei konsumen yang dilakukan Bank Indonesia pada November 2021 tersebut mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi yang terus menguat.

“Peningkatan ini sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat didorong meningkatnya mobilitas seiring berlanjutnya pelonggaran pembatasan mobilitas,” tuturnya.

Lebih lanjut, Erwin mengungkapkan jika ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang juga tercatat membaik.

“Hal ini ditopang pula kenaikan pada seluruh indeks pembentuknya, dengan peningkatan tertinggi pada indeks ekspektasi kegiatan usaha,” tutup Erwin.