Temui Bursa Efek, Beberapa BUMN dan Anak Usaha BUMN Siapkan Rencana Pelepasan Saham ke Publik
Mitratel salah satu anak usaha BUMN yang resmi melantai di BEI pada 2021. (Foto: Dok. Bursa Efek Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) bisa jadi bukan satu-satunya perusahaan dari kalangan keluarga BUMN yang melepas sahamnya ke publik pada tahun ini. Pasalnya, ada beberapa perusahaan lain dari keluarga BUMN yang telah menemui Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mempersiapkan aksi pelepasan perdana saham (initial public offering/IPO).

"Beberapa perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN juga telah menemui BEI untuk berdiskusi dan mempersiapkan rencana IPO dalam waktu dekat," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna kepada wartawan, Selasa 10 Mei.

Menurut Nyoman, kabar tersebut menjadi hal yang menggembirakan apabila perusahaan-perusahaan BUMN tersebut segera go public. Bahkan Nyoman berharap, perusahaan-perusahaan BUMN tersebut dapat menciptakan pasar modal Indonesia semakin semarak.

Berdasarkan data yang ada, pada 2021 PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) telah tercatat sahamnya di BEI. Sedangkan pada tahun ini saham ADCP juga sudah tercatat di BEI.

"Diharapkan tahun ini akan bertambah lagi perusahaan BUMN yang sahamnya tercatat di BEI," kata Nyoman berharap.

Adapun Nyoman menegaskan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Self-Regulatory Organization (SRO) pasar modal Indonesia (BEI, KPEI, dan KSEI) mendukung para pengusaha di Indonesia untuk dapat memanfaatkan pasar modal Indonesia sebagai sarana memperoleh pendanaan.

Dengan masuknya perusahaan-perusahaan tersebut ke pasar modal, diharapkan dapat meningkatkan citra perusahaan dan profesionalisme, meningkatkan kinerja perusahaan, meraih insentif pajak, dan juga mempercepat implementasi Good Corporate Governance (GCG).