Jokowi Datang ke KTT ASEAN-US di Washington DC Pakai Pesawat Garuda, Dirut: Kami Dipercaya Membawa Wajah Indonesia di Kancah Global
Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia pada hari ini, kembali dipercaya untuk mengantarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Amerika Serikat. Ini merupakan kali kedua Jokowi menggunakan pesawat Garuda dalam melaksanakan kunker.

Adapun kedatangan Jokowi ke AS adalah untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-US di Washington DC pada 12 hingga 13 Mei 2022 mendatang. Penerbangan menuju Bandara Andrew Air Force Base, Washington DC tersebut dilaksanakan dengan mengoperasikan pesawat jenis Boeing B777-300ER.

Pesawat tersebut juga dilengkapi dengan livery khusus pesawat kenegaraan berupa kombinasi warna merah putih yang disertai dengan lambang negara dan tulisan Republik Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan pengoperasian penerbangan kenegaraan ini menjadi manifestasi tersendiri bagi Garuda Indonesia dalam menjalankan mandatnya sebagai national flag carrier, khususnya dalam mendukung penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan bagi agenda strategis kenegaraan.

"Kepercayaan yang diberikan kepada Garuda Indonesia untuk menjadi representasi negara dalam membawa wajah Indonesia di kancah global. Ini turut menjadi energi tersendiri bagi di tengah berbagai upaya Garuda untuk terus memberikan kontribusi positif bagi negara, sejalan dengan komitmen kami untuk menghadirkan layanan penerbangan yang aman dan nyaman," katanya dalam keterangan resmi, Selasa, 10 Mei.

Irfan menjelaskan penerbangan kenegaraan tersebut dilaksanakan melalui rangkaian persiapan operasional yang komprehensif dan koordinasi bersama para pemangku kepentingan. Hal ini dilakukan guna memastikan seluruh aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan dapat terimplementasikan secara optimal.

"Penerbangan kenegaraan ini telah berangkat dengan lancar pada hari ini pukul 07:20 WIB pagi tadi. Kami akan terus berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk memastikan keseluruhan penerbangan kenegaraan ini berjalan dengan baik," katanya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo berangkat menuju Washington DC, Amerika Serikat pada pagi ini. Didampingi oleh Iriana Joko Widodo, Jokowi terbang dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Dalam kunjungannya ke Amerika, Jokowi juga didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Selain itu turut pula Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andi Rachmianto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sementara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di AS untuk menyiapkan kunjungan kerja Presiden.