Setelah Terbang Hampir 24 Jam, Jokowi Akhirnya Tiba di AS
Foto via Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan delegasi resmi tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa, 10 Mei 2022 sekitar pukul 21.40 waktu setempat atau Rabu, 11 Mei 2022 pukul 08.40 WIB.

Jokowi mendarat setelah menjalani penerbangan selama hampir 24 jam dari Jakarta ke Amerika, dan sempat transit di Amsterdam, Belanda.

Pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 mendarat di bandara milik militer Amerika Serikat tersebut.

Saat pintu pesawat Garuda Indonesia GIA-1 terbuka, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani naik ke pesawat dan mempersilakan Jokowi dan Iriana Joko Widodo turun dari pesawat.

Usai turun dari pesawat, Jokowi dan rombongan menuju hotel untuk menginap, dan akan memulai agenda kerjanya esok hari.

Dalam kunjungannya ke Amerika, Jokowi juga didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Sementara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di AS untuk menyiapkan kunjungan kerja Presiden.

Di Amerika, Jokowi akan akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari.

Rangkaian pertemuan yang akan dihadiri Jokowi di antaranya pertemuan dengan anggota kongres, pertemuan dengan para CEOs besar Amerika, pertemuan dengan Wapres Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika, dan pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Joe Biden.