Trafik Bakal Melonjak 30 Persen, XL Axiata Pastikan Jaringan Siap Hadapi Lebaran: Tim Berjaga 24 Jam Sehari
Foto: Dok. XL Axiata

Bagikan:

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringannya siap menghadapi liburan panjang Hari Raya Idulfitri tahun 2022 ini. Selain kapasitas jaringan telah ditingkatkan sebesar 2x dibanding hari normal, XL Axiata juga telah menyiapkan tim jaringan, baik di pusat monitoring Customer Experience and Service Operation Center (CESOC) di XL Axiata Tower maupun di lapangan. Mereka akan berjaga selama 24 jam sehari hingga masa liburan berakhir.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, sebanyak lebih dari 50 unit mobile BTS juga telah kami kerahkan untuk memperkuat jaringan di sejumlah titik krusial.

“Penguatan jaringan menjadi fokus kami, mengingat potensi terjadinya lonjakan trafik melebihi hari normal terutama di sepanjang jalur transportasi utama dan area-area tujuan wisata, serta di pusat-pusat keramaian seperti terminal, stasiun, bandara, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hingga tempat nongkrong populer. Kami memperkirakan kenaikan trafik bisa mencapai 10-30 persen dibanding hari normal,” kata Gede dalam keterangannya, Minggu 1 Mei.

Gede menambahkan, eforia masyarakat untuk bisa merayakan Lebaran di kampung halaman tahun ini akan sangat memengaruhi kenaikan trafik penggunaan layanan data dan telekomunikasi. Apalagi setelah dua kali lebaran, pandemi menghalangi masyarakat untuk mudik.

Beberapa ruas tol baru kini bisa dilalui untuk mudik, demikian juga muncul banyak destinasi wisata baru. Belum lagi, berita di media massa maupun informasi di medsos seputar mudik, akan semakin memicu masyarakat untuk mudik atau setidaknya ikut berlibur.

Meskipun Jawa menjadi fokus utama penguatan jaringan, namun wilayah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok juga mendapatkan perhatian XL Axiata. Apalagi, jalur transportasi darat di Sumatera juga semakin baik dengan keberadaan beberapa ruas tol baru yang memudahkan arus mudik ke berbagai provinsi.

Untuk memastikan kesiapan jaringan di luar Jawa, XL Axiata meningkatan kapasitas jaringan juga mencakup di provinsi-provinsi utama.

Saat ini XL Axiata melayani lebih dari 57,9 juta pelanggan, yang diperkuat lebih dari 162 ribu BTS, termasuk lebih dari 77 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya penggunaan masyarakat terhadap layanan telekomunikasi termasuk layanan data.