Beberapa Harga Bahan Pokok Naik Jelang Ramadan, Wamendag saat Blusukan ke Pasar Leles Garut: Masih dalam Batas Kewajaran
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan beberapa harga bahan pokok sudah mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadan. Meski begitu, kenaikan tersebuh masih dalam batas kewajaran dan stok dipastikan aman.

Hal tersebut diketahui setelah Jerry melakukan kunjungannya ke Pasar Rakyat Leles, Garut pada akhir Maret 2022. Dari hasil kunjungannya, Jerry mendapati kenaikan harga masih normal dan stok tersedia.

Dalam tinjauan saat itu, Jerry menemukan sejumlah harga bapok yang mengalami kenaikan seperti harga telur naik dari Rp22.000 menjadi Rp24.000; gula pasir dari Rp14.000 menjadi Rp16.000; daging sapi Rp120.000 menjadi Rp125.000.

Sedangkan daging ayam Rp34.000 per kg menjadi Rp36.000 per kg; cabe rawit dari Rp25.000 per kg menjadi Rp40.000 per kg. Sedangkan harga minyak kemasan sederhana masih di kisaran Rp25.000 per liter dan minyak curah Rp25.000 per liter.

"Dilaporkan ada beberapa barang kebutuhan pokok yang naik masih dalam batas kewajaran, karena ada penawaran dan permintaan jelang puasa. Namun, sejauh ini stok masih tersedia," ungkap Jerry, dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat, 1 April.

Apalagi, kata Jerry, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut juga sudah memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok (bapok) menjelang Ramadan dalam kondisi aman. Harga bapok juga dinilai masih dalam batas wajar.

Terkait dengan minyak goreng, Jerry mengatakan pemerintah saat ini fokus untuk menjamin keberlangsungan suplai dan stok untuk masyarakat.

"Terkait harga, pemerintah juga sudah menerapkan peraturan untuk harga minyak goreng curah dan kemasan," jelasnya.