Jokowi Bangga Indonesia Tak Pernah <i>Lockdown</i>: Ini Jadi Salah Satu Fondasi Utama Penopang Perekonomian Kita
Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Dok. Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa fondasi perekonomian Indonesia telah semakin menguat di tengah pandemi COVID-19 pada 2022. Menurut Jokowi, salah satu fondasi utama penopang perekonomian Indonesia adalah penanganan pandemi COVID-19 di dalam negeri

"Perekonomian kita sepanjang 2020-2021 juga terus bergerak, tidak pernah berhenti, salah satunya karena tidak pernah lockdown, dan ini mempermudah untuk mengakselerasi perekonomian di 2022," katanya dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa, 22 Maret.

Lalu, kata Jokowi, juga diperkuat dengan reformasi struktural melalui diterbitkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja atau UU Ciptaker. Di mana, di dalam UU tersebut diatur mengenai penyederhanaan investasi yang memberikan kemudahan investor untuk berinvestasi.

"Diterbitkannya UU Ciptaker, dilakukan penyederhanaan birokrasi untuk investasi, ini fondasi besar yang hasilnya kita mulai lihat dan nikmati di 2022 ini," ucapnya.

Kemudian, Jokowi mengatakan langkah hilirisasi yang dilakukan juga memberikan dampak positif bagi perekonomian dalam negeri. Pasalnya, bahan baku yang dihasilkan tidak lagi diekspor, melainkan dilakukan hilirisasi guna memberi nilai tambah produk.

"Langkah-langkah hilirisasi juga sudah berlangsung besar-besaran di 2021, ekspor bahan baku kita stop dan kita dorong hilirisasi dalam negeri, tahap demi tahap hilirisasi akan semakin tinggi dan akan terus menggerakkan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja di dalam negeri," katanya.

Ekonomi digital

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan faktor lain yang dapat mendorong perekonomian Indonesia adalah ekonomi digital. Hal tersebut semakin bertumbuh karena adanya pandemi COVID-19 yang memaksa akselerasi digitalisasi di dalam negeri.

"Fondasi ekonomi digital sebagai basis ekonomi baru juga sudah cukup kuat di tahun lalu, telah lahir decacorn, telah bertambah terus jumlah unicorn di dalam negeri, ini sebagai bukti bahwa infrastruktur digital semakin meluas dan ekosistem digital semakin kondusif," ucapnya.

Jokowi meyakini dengan berbagai fondasi tersebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin kuat di tahun ini.

"Dengan fondasi tersebut, saya yakini kita bisa mengakselerasi pertumbuhan perekonomian kita di tahun 2022 ini," katanya.