Gubernur Riau Syamsuar Berharap Pintu Masuk Internasional Riau-Malaysia: Hubungan Persaudaraan dan Bisnis 2 Negara Ini Tidak Bisa Dipisahkan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Riau Syamsuar berharap pemerintah pusat dapat membuka pintu masuk perjalanan internasional bisnis dan pariwisata di Provinsi Riau, khususnya dari dan ke negara tetangga Malaysia.

"Pentingnya perjalanan internasional itu dibuka karena hubungan Provinsi Riau dengan Malaysia ini tidak bisa dipisahkan. Riau dengan Malaysia ada hubungan erat, hubungan keluarga, persaudaraan dan bisnis," kata Syamsuar di Pekanbaru, dikutip dari Antara, Rabu 9 Maret.

Dia mengatakan keinginan tersebut telah disampaikannya ke Kanwil Kemenkum-HAM Riau ketika nanti ada kebijakan nasional sementara itu pengetatan perjalanan orang dalam negeri pun sudah dikurangi.

Kini katanya, Pemerintah sudah melakukan pengurangan pengetatan, termasuk ada kebijakan tidak ada lagi PCR dan karantina. Karena itu perjalanan dari luar negeri ke dalam negeri juga bisa diberi kemudahan.

"Untuk itu, kami harapkan Riau bisa memiliki peluang seperti itu, sehingga ini menjadi bagian dari upaya kami meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Riau. Kalau peluang itu dibuka, masyarakat Riau siap saja, asalkan ada kebijakan pemerintah pusat yang membuka perjalanan internasional. Kalaupun tidak bisa sekalian, minimal ada yang dibuka perjalanan dari luar negeri," katanya.

Selain itu, kasus COVID--19 di Riau diharapkan segera menurun, sehingga bandara maupun pelabuhan dibuka untuk perjalanan internasional.