Harga Bitcoin Kembali Naik, Solana Price Masih Belum
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bitcoin dan cryptocurrency mengalami ledakan besar pada tahun 2021 dengan pasar crypto gabungan meledak dari di bawah 1 triliun dolar AS menjadi sekitar 3 triliun dolar AS, dengan beberapa kalangan memprediksi pasar dapat tumbuh lebih jauh.

Harga bitcoin melonjak hampir 70.000 dolar AS per bitcoin akhir tahun lalu sebelum jatuh kembali ke lebih dari 30.000 dolar AS. Ethereum dan cryptocurrency utama lainnya, termasuk BNB Binance, Solana, Cardano dan XRP, mengalami volatilitas yang serupa. Harga Crypto telah rebound selama seminggu terakhir tetapi tetap sangat fluktuatif.

Sekarang, raksasa perbankan Wells Fargo telah memperkirakan adopsi crypto global dapat "segera mencapai titik hiper-infleksi", bahkan ini masih awal dalam evolusi investasi cryptocurrency.

Belakangan ini, harga Bitcoin juga mengalami kenaikan bersama kripto raksasa lainnya. Melansir data dari CoinMarketCap, hanya Solana dan Terra yang terkoreksi cenderung tipis pada pagi hari ini.

Sementara solana price melemah 0,68 persen ke level harga 114,35 dolar AS/koin atau setara dengan Rp1.646.640/koin (asumsi kursRp 14.400 per dolar AS) dan Terra merosot 2,49 persen ke 55,41 dolar AS/koin atau Rp797.904.

Solana adalah ekosistem blockchain open-source publik yang mendukung kontrak pintar, termasuk token non-fungible (NFT) dan berbagai aplikasi terdesentralisasi (dApps). Asli dari blockchain Solana adalah token SOL yang memberikan keamanan jaringan melalui staking serta sarana untuk mentransfer nilai 1 hari yang lalu.

Solana adalah cryptocurrency proof-of-stake dengan kemampuan kontrak pintar termasuk DeFi dApps dan NFT. Solana menawarkan throughput teoritis 65.000 transaksi per detik dengan hampir nol biaya.

Ledakan di ruang DeFi dan NFT telah mendorong biaya pada Ethereum sangat tinggi yang menyebabkan pengguna crypto mencari opsi lain seperti Solana.

Solana telah menjadi pusat kontroversi di industri kripto karena para skeptis mengklaim kecepatan transaksinya hanya mungkin karena rantai tersebut telah mengorbankan desentralisasi.

Solana sekarang menawarkan kapasitas puncak teoritis 65.000 transaksi per detik dan telah menjadi salah satu blockchain yang paling banyak digunakan saat ini karena kecepatan dan biaya transaksinya yang murah.

Terkait