Bank Mandiri Gelontorkan Kredit Rp2,45 Triliun Bantu Ekspansi Bisnis Hutama Karya
Pejabat Bank Mandiri dan Hutama Karya berpose usai menandatangani perjanjian kredit (Foto: Dok. Bank Mandiri)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk. disebutkan mencapai kesepakatan dengan PT Hutama Karya untuk memberikan kredit bertotal Rp2,45 triliun.

SVP Corporate Banking Bank Mandiri Budi Purwanto mengatakan kucuran dana segar ini akan digunakan Hutama Karya untuk membiayai pengembangan bisnis, termasuk mitra supplier/kontraktornya.

“Dari nilai pembiayaan tersebut, sebesar Rp2,2 triliun merupakan limit kredit modal kerja yang diberikan kepada Hutama Karya dengan masa pinjaman 12 bulan untuk membiayai proyek-proyek yang sedang digarap. Sedangkan Rp250 miliar merupakan limit pembiayaan bagi mitra perseroan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis, 9 Desember.

Menurut Budi, kredit dari Bank Mandiri berperan pula dalam mengoptimalkan pengelolaan likuiditas agar proyek-proyek yang dikerjakan dapat rampung sesuai jadwal.

“Inisiatif pembiayaan value chain ini diharapkan dapat membantu supplier maupun subkontraktor dari Hutama Karya dalam mendapatkan percepatan penerimaan pembayaran sehingga meningkatkan likuiditas keuangan dan kualitas pekerjaan proyek,” tuturnya.

Pembiayaan ini, lanjut dia, merupakan bentuk konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung sektor bisnis menengah mengingat program ini dapat membantu memberikan solusi permodalan bagi pelaku usaha yang terdampak COVID-19 agar roda perekonomian dapat terus berjalan.

“Meski limit yang disepakati adalah Rp250 miliar, kami tidak menutup kemungkinan adanya penambahan limit seiring dengan berkembangnya kerja sama antara kedua perusahaan. Kami pun siap untuk mendukung rencana-rencana bisnis strategis lain Hutama Karya maupun group usaha lain,” katanya.

Tidak berhenti di situ, bank milik pemerintah ini juga berinisiatif mendukung pengembangan dan peningkatan kesejahteraan pegawai Hutama Karya melalui penawaran program-program payroll pegawai, seperti solusi pembiayaan pegawai, serta program workshop untuk pengembangan kemampuan bisnis pegawai

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Hutama Karya Hilda Savitri menjelaskan sinergi dua ini merupakan langkah penting dalam rangka men-support kinerja keuangan.

“Melalui dukungan dari Bank Mandiri, para supplier dan sub kontraktor dari perseroan diharapkan dapat memanfaatkan untuk menjaga likuiditas perusahaan serta meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan proyek,” ucap dia.