Mengintip Kekayaan Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Punya Mobil Range Rover Sport dan Mercedes-Benz Sprinter Seharga Total Rp2,6 Miliar
Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Dok. TNI AD)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI periode selanjutnya untuk menggantikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Sesuai dengan ketentuan, Jenderal Andika bakal mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh DPR sebelum resmi diangkat sebagai orang nomor satu di tubuh institusi militer RI.

Dia pun sudah menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelum menghadap parlemen.

Melansir informasi yang dirilis situs e-LHKPN, Rabu 3 November, diketahui bahwa menantu Jenderal Purn. AM Hendropriyono itu memiliki total kekayaan sebesar Rp179,9 miliar. Angka itu merupakan akumulasi dari kas setara kas sebesar Rp126,9 miliar.

Lalu, 20 unit bangunan senilai Rp38,1 miliar. Menariknya, beberapa properti kepunyaan Jenderal Andika yang berlokasi di luar negeri.

Tercatat, satu bangunan senilai 1,5 miliar di New South Wales Australia, tanah beserta bangunan seluas 2.223 meter persegi di Cadbury Amerika Serikat dengan taksiran harga Rp4,5 miliar.

Kemudian, tanah di Cedar Croft Lane Bethesda dan di Court Potomac MD 20854 Amerika Serikat dengan nilai masing-masing Rp5 miliar dan Rp5,5 miliar.

Selanjutnya, jenderal tentara dengan perawakan kekar ini memiliki pula kendaraan transportasi senilai Rp2,6 miliar, harta bergerak lain Rp10,1 miliar, dan surat berharga senilai Rp2,1 miliar.

Perihal alat transportasi ini, Jenderal Andika punya dua mobil mewah yakni Land Rover Range Rover Sport 3.0V 6 AT tahun 2014 senilai Rp800 juta dan Mercedes-Benz Sprinter 315 tahun 2018 senilai Rp1,8 miliar.