Faktor Penyebab Kemiskinan yang Masih Menjadi Masalah Utama
Ilustrasi foto (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak faktor yang menyebabkan kemiskinan di Indonesia. Masalah kemiskinan pun jadi masalah yang pelik dan mendasar.

Data Survei Ekonomi Nasional yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan banyak fakta tentang kemiskinan. Indonesia memang bukan negara termiskin.

Tapi data itu menunjukkan bagaimana kemiskinan masih mendominasi status ekonomi masyarakat Indonesia. Kemiskinan seharusnya jadi perhatian utama pemerintah.

Data itu juga merangkum beberapa hal yang jadi penyebab kemiskinan di Indonesia dan berbagai negara lain.

  1. Lapangan pekerjaan terbatas
  2. Tingkat pendidikan masih rendah
  3. Malas dalam bekerja
  4. Beban hidup keluarga
  5. Keterbatasan sumber daya.

Penjelasan

Lapangan pekerjaan yang terbatas memicu angka pengangguran. Hal ini berkaitan dengan tingkat pendidikan, baik formal maupun informal.

Dan karena pekerjaan adalah jalan untuk memperbaiki ekonomi masyarakat, maka pengangguran adalah pemicu kemiskinan.

Keterbatasan lapangan pekerjaan memiliki konsekuensi membawa seseorang ke kemiskinan. Seorang dapat saja menciptakan lapangan kerja baru, tapi kemungkinannya akan sangat kecil, terutama untuk masyarakat miskin.

Ada karena keterbatasan keterampilan dan modal. Pendidikan rendah bukan saja sebatas pendidikan formalnya, tapi juga pendidikan informal.

Terkait dengan etos membaca dan pengalaman. Kemalasan menjadi faktor penentu, di mana pendidikan yang rendah jika didukung dengan rasa yang malas maka akan membuat angka kemiskinan naik.

*Artikel ini pernah ditulis dengan judul Penyebab Kemiskinan: Definisi dan Data Orang Miskin di Indonesia.

 

BERNAS Lainnya