Pantauan Netray Soal Aktivitas Media Sosial X Tiga Cawapres
Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD dalam debat pertama Cawapres di JCC Senayan pada 22 Desember 2023. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Di era serba digital sekarang ini, media sosial merupakan salah satu sarana komunikasi. Media sosial sebagai sarana komunikasi juga digunakan oleh tiga Cawapres 2024, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Ketiga Cawapres ini kerap berkomunikasi dengan publik atau melaporkan kegiatan dan program pemerintah yang sedang berjalan melalui media sosial, salah satunya platform X, yang sebelumnya bernama Twitter.

Suasana debat pertama Capres Pemilu 2024 di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Antara/Galih Pradipta/wpa/YUaa)

Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin menggunakan Twitter sejak Juni 2023 dengan username @cakiminow, sementara Mahfud MD sudah bermain sejak April 2011 dengan nama akun @mohmahfudmd. Gibran tidak hanya menjadi Cawapres termuda, tapi juga paling belakangan aktif di platform X. Putra sulung Presiden Joko Widodo ini diketahui memiliki akun @gibran_tweet yang mulai aktif sejak Februari 2021.

Untuk mengetahui perkembangan yang terjadi pada masing – masing akun Cawapres, Netray Media Monitoring coba memantau ketiga akun medsos X Cawapres dengan menggunakan fitur account monitoring selama sepekan yakni tanggal 13 – 19 Desember 2023.

Hanya Ikuti Satu Akun

Akun Gibran @gibran_tweet, yang saat ini masih menjabat Wali Kota Solo telah mengunggah 6.500 cuitan dan memiliki 1,2 juta pengikut hingga 19 Desember 2023. Satu hal yang unik dari akun Gibran yaitu ia hanya mengikuti satu akun, yakni @Edhie_Baskoro atau Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Apa yang disampaikan Gibran akhir-akhir ini tidak jauh dari promosi tempat wisata dan hiburan di Solo. Dalam tujuh hari, Gibran hanya membuat empat unggahan. Ia mengajak warganet mengunjungi Solo Safari, Rock in Solo, Solo Art Market, hingga peluncuran tim basket baru Kesatria Benyanggawan Solo.

“Dari unggahan yang ada yang terpopuler jatuh kepada acara Rock in Solo yang berhasil digelar pada 10 Desember 2023 di Benteng Vastenburg. Unggahan yang ditulis pada 17 Desember ini berhasil meraih 559 balasan, 1.356 likes serta di-retweet sebanyak 230 kali,” demikian laporan Netray.

Statistik media sosial akun X Gibran Rakabuming Raka. (Netray)

Melalui unggahannya selama sepekan, akun medsos X Cawapres Gibran mampu meraih total repost sebanyak 582 kali dan mendapat balasan sebanyak 2.104 kali. Selain itu warganet ternyata aktif menyebut (mention) akun @gibran_tweet sebanyak 16 ribu kali,” lanjut laporan tersebut.

Akun Gibran juga banyak disebut dalam unggahan warganet. Unggahan tersebut memiliki berbagai maksud, mulai dari hujatan, sindiran, hingga opini terhadapnya. Salah satu unggahan terpopuler dari akun @ZulkifliLubis69, yang mempertanyakan kelebihan Gibran sehingga terpilih menjadi Cawapres Prabowo.

Sentimen mention yang diterima akun X Mahfud MD (Netray)

Warganet lebih banyak memberikan sentiment negatif dari mentions yang mereka tulis untuk Gibran. Terpantau pada tanggal 13, 14, 16, 17, dan 19 Desember 2023, mentions dengan sentimen negatif terpantau lebih banyak jumlahnya daripada mentions dengan sentimen positif.

Kata mahasiswaindonesia, dan debat menjadi kata yang paling disebut warganet ketika menyebut akun medsos X Cawapres Gibran. Hal ini terkait dengan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa menantang Gibran untuk debat melalui unjuk rasa yang dilakukan di depan Balaikota Solo pada Senin (18/12).

Cak Imin Paling Aktif

Sementara untuk akun milik Mahfud MD di @mohmahfudmd terpantau selama sepekan hanya menulis dua unggahan. Hingga hari terakhir periode pemantauan, akun X Mahfud MD memiliki 21,1 ribu unggahan dan 4,4 juta pengikut. Berbeda dengan Gibran, Mahfud cukup banyak mengikuti akun lain, yaitu sebanyak 645 akun.

“Dari unggahan yang ada @mohmahfudmd mampu meraih ratusan tanggapan dari warganet sebanyak 822 balasan, dan 1,1 ribu retweets. Di luar itu @mohmahfudmd bahkan mampu meraih penyebutan dari warganet lainnya sebanyak 4,3 ribu kali,” tulis laporan Netray.

Sentimen mention yang diterima akun milik Muhaimin Iskandar. (Netray)

Kata program, ganjar, prof, hingga sakti mendominasi jajaran top words di akun Mahfud MD. Hal ini terkait dengan akun-akun pendukung Ganjar-Mahfud yang menggaungkan rencana program bila jadi pasangan presiden dan wakil presiden kelak. Program tersebut antara lain KTP Sakti yang diklaim mampu mengatasi permasalahan bansos yang selama ini sering kali salah sasaran.

Akun terakhir yang dibahas adalah milik Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar, @cakiminow. Akun ini menjadi yang paling aktif dibandingkan dua Cawapres lainnya. Itu terlihat dari 30 unggahan selama periode pemantauan. Cak Imin cukup rajin menulis lebih dari satu unggahan dalam sehari. Dan paling banyak terjadi pada Kamis, 14 Desember 2023 sebanyak tujuh unggahan muncul pada hari tersebut.

Unggahan terpopuler terjadi pada 16 Desember, melalui pertanyaan “Emangnya etik punya ndas ya?” Unggahan ini menuai 2,621 komentar, 15.110 likes, serta 3.381 retweets.

“Melalui unggahan yang ada akun @cakiminow berhasil memperoleh reaksi yang begitu masif dari warganet berupa 23,5 ribu retweets serta 5.077 balasan. Selain itu akun medsos X Cawapres Cak Imin juga mendapat penyebutan dari warganet dalam 7,342 unggahan,” tulis Netray dalam laporannya.