Segala Fakta Monolith Misterius Mirip <i>2001: Space Oddyssey</i> yang Ditemukan di Utah Sejauh Ini
Monolith dalam film 2001: Space Odyssey karya Stanley Kubrick (Sumber: IMDB)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah tim ahli biologi menemukan sebuah monolit logam yang aneh di alam liar sekitar Utah, Amerika Serikat (AS). Mereka sendiri tidak tahu dari mana asalnya.

"Salah satu ahli biologi adalah orang yang melihatnya dan kami kebetulan terbang langsung di atasnya," kata pilot Bret Hutchings, yang menerbangkan helikopter di atas situs tersebut, kepada stasiun berita lokal KSLTV.

“Dia seperti, 'Whoa, whoa, whoa, putar balik, putar balik,'” tambahnya. “Dan saya seperti, 'apa.' Dan dia seperti, 'Ada benda di belakang sana, kita harus melihatnya!'”

Mengutip The Guardian, Rabu, 25 November, penemuan monolit logam aneh di tengah hutan belantara Utah memicu intrik dunia nyata. Penemuan tersebut lalu mendapatkan perbandingan lucu dengan film Stanley Kubrick pada 1968, 2001: A Space Odyssey.

"Saya berasumsi bahwa itu adalah artis baru atau semacamnya, atau, Anda tahu, seseorang yang hebat dan penggemar 2001: A Space Odyssey," kata Hutchings. 

Monolit itu juga dibandingkan dengan karya pematung minimalis, termasuk karya dari seniman John McCracken, yang meninggal pada 2011. Juru bicara galerinya, David Zwirner mengatakan benda misterius itu bukan salah satu karyanya dan mereka curiga "itu adalah hasil karya oleh sesama artis yang memberi penghormatan kepada McCracken.”

Ilegal

Satu hal yang diketahui adalah bahwa tanpa otorisasi, memasang bangunan atau karya seni di tanah publik yang dikelola pemerintah federal adalah ilegal. Hal itu disampaikan Departemen Keamanan Publik Utah.

Pihak penemu mengatakan tidak berencana mengungkap lokasi pasti dari objek tersebut karena monolit ditemukan di daerah yang sangat terpencil. Dan jika ada orang yang mencoba mengunjungi daerah itu, ada kemungkinan besar terdampar dan membutuhkan penyelamatan. 

Namun, peringatan tersebut tidak menghentikan pengguna Reddit untuk mengidentifikasi kemungkinan keberadaannya. Mereka juga mendiskusikan teori tentang cara benda itu sampai di sana dan mengapa.

Material

Dalam foto struktur yang diperbesar, pengguna Reddit mencatat ada garis pada dasarnya yang menunjukkan gergaji batu telah digunakan untuk meletakkannya di tanah dan tampaknya disatukan dengan sekrup. Hal itu menghilangkan teori bahwa monolit itu adalah sebongkah besar logam.

Struktur tersebut juga menimbulkan kontroversi di dunia geografi, yang mempermasalahkan pemerintahan Utah yang menggunakan kata “monolit” untuk menggambarkan objek tersebut. Sebuah monolit secara teknis terbuat dari batu, sedangkan lempengan ini tampaknya terbuat dari logam.

Kamus Merriam Webster, bagaimanapun memungkinkan interpretasi yang lebih longgar dari monolit sebagai "struktur masif" dan itu adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan struktur yang dipopulerkan Stanley Kubrick pada 2001: A Space Odyssey.

Mungkin hanya masalah waktu sampai orang banyak muncul untuk mengambil foto selfie dengan konstruksi yang tidak biasa. Tapi perlu diketahui monolit ini sulit dikunjungi. Hal tersebut dikarenakan letaknya yang berbahaya dan kemungkinan mengganggu satwa liar jika banyak pengunjung.