Waspada <i>Lur</i>, Siswa di Bawah 12 Tahun di Semarang Terbanyak Positif COVID-19
ILUSTRASI/UNSPLASH

Bagikan:

SEMARANG - Dinas Kesehatan Kota Semarang mencatat siswa sekolah berusia di bawah 12 tahun menjadi yang terbanyak terkonfirmasi COVID-19 dalam penelusuran saat pembelajaran tatap muka pada sepekan terakhir ini. Sedulur, para orang tua harus waspada memastikan protokol kesehatan anak-anaknya.

"Paling banyak di rentang usai enam sampai 12 tahun, sekitar 31 anak," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam di Semarang dikutip Antara, Senin, 1 November.

Dia menjelaskan dari penelusuran kontak erat yang dilakukan di 29 sekolah didapati 70 siswa terkonfirmasi COVID-19. Penelusuran dilakukan terhadap 3.729 siswa dan tenaga kependidikan.

Banyaknya temuan kasus di Sekolah Dasar, kata dia, salah satunya diperkirakan akibat belum adanya pelaksanaan vaksinasi untuk anak di bawah 12 tahun.

Ada pun siswa lainnya yang terkonfirmasi COVID-19, lanjut dia, tersebar di tingkat SMP hingga SMA.

Sebagian siswa yang terkonfirmasi positif tersebut, kata dia, telah menjalani isolasi terpusat di rumah dinas Wali Kota Semarang.

Abdul Hakam  menuturkan rekomendasi kepada Dinas Pendidikan juga telah diberikan berkaitan dengan temuan siswa positif COVID-19.

"Kalau persentase penularannya lebih dari lima persen, maka disarankan penghentian PTM di sekolah yang dimaksud," katanya.

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sejumlah sekolah di Kota Semarang disetop sementara waktu menyusul temuan siswa yang terkonfirmasi COVID-19.