Heboh, Hidayat Nur Wahid Akui PKS Tak Menganut Asas Pancasila, Benarkah?
Hidayat Nur Wahid (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Unggahan akun Facebook Iriana @Devanita memancing perhatian publik. Dia membagikan tangkapan layar sebuah artikel dengan judul 'HIDAYAT NUR WAHID AKUI PKS TAK MENGANUT ASAS PANCASILA.'

Pada narasi dari unggahan itu, dia menulis kalau sudah seharusnya partai yang tidak memiliki ideologi Pancasila harus dibubarkan. Pemerintah harus tegas dalam mengambil sikap ini.

"KPU PUN HARUS DAN WAJIB UNTUK TIDAK MENGIJINKAN PKS TAK IKUT PESERTA PEMILU BAIK DARI PILEG,PILGUP,PILPRES BAHKAN TAK BOLEH UNTUK MENJADI ANGGOTA PNS, RT/RW DLL. INGAT IDIOLOGI KITA PANCASILA. TAK BOLEH DAN TAK AKAN PERNAH BOLEH SIAPAPUN MENGGANTI PANCASILA KARNA PANCASILA ADALAH LANDASAN DAN DASAR UTAMA DALAM KITA BERNEGARA !!,” tulis akun dilansir dari turnbackhoax, Sabtu, 30 Oktober. 

Benarkah narasi ini? Mari kita cek!

Setelah ditelusuri, klaim bahwa Hidayat Nur Wahid mengakui PKS tak menganut asas Pancasila adalah salah. Beberapa media daring menyebutkan, Hidayat Nur Wahid menolak Pancasila dijadikan asas tunggal dalam Rancangan Undang-Undang Organisasi Masyarakat (Ormas).

Melalui pencarian gambar di google, tidak ditemukan artikel dalam unggahan. Namun foto Hidayat memang sering digunakan di berbagai artikel media, salah satunya artikel dari merdeka.com berjudul “Hidayat Nur Wahid: PKS bukan raja bolos” terbit pada Rabu, 15 Mei.

Hoaks ini merupakan hoaks berulang dan pernah dibahas di turnbackhoax.com dengan judul “[SALAH] Hidayat Nurwahid Akui PKS Tak Menganut Ideologi Pancasila”, pada Maret 2021 lalu.

"Dari keterangan tersebut dapat dilihat bahwa unggahan tersebut adalah hoaks kategori konten yang menyesatkan," demikian turnbackhoax.