Bobby Nasution Tegur Kadisdik Gara-gara Banyak Anak Sekolah Tak Pakai Masker, Singgung Anak SMA <i>Nongkrong</i>
Wali Kota Medan Bobby Nasution/IST

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution menegur Plt Kadis Pendidikan Topan Ginting. Sebab banyak anak sekolah yang kedapatan tak memakai masker saat Bobby menuju lokasi acara.

Teguran ini disampaikan Bobby Nasution saat menyerahkan piagam predikat Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara simbolis kepada tiga kepala sekolah yang mendapat predikat Adiwiyata, di SDN 060925, Jalan Sisingamangaraja Km 5,5 Medan.

"Ini pak Kadis Pendidikan ini, tadi saya jalan ke sini banyak sekolah, itu banyak anak-anak SMP tadi di depan nggak pakai masker. Kalau seperti itu terus nanti bagus kita tutup lagi saja pak," kata Bobby Nasution, Kamis, 28 Oktober.

Selain menegur Kadis Pendidikan, menantu Presiden Jokowi itu juga mengingatkan seluruh camat untuk memperhatikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. 

"Jadi ke depan depan tolong ini, kecamatannya tolong, diperhatikan betul itu. Masak adik-adik kita, anak-anak kita berkeliaran di depan tadi ada yang nggak pakai masker," tegas Bobby Nasution. 

Selain pelajar SMP, Bobby juga melihat siswa berpakaian SMA banyak yang nongkrong. 

"Kalau emang nongkrong bagus nggak usah sekolah. Ini sudah sekolah jamnya terbatas, masih ada yang cabut-cabut juga dari sekolah. Kalau begitu mending nggak usah sekolah sekalian," ujarnya. 

Wali Kota Medan juga mengingatkan dinas, kepala sekolah untuk aktif memantau muridnya. Bobby Nasution  mengingatkan bahaya yang timbul jika ada siswa yang tertular virus corona di lingkungan sekolah. 

"Karena sekali tertular di sekolah ini bisa jadi klaster baru dan menjadikan momok yang luar biasa untuk menjalankan sistem pembelajaran di Kota Medan ke depannya. Mungkin 1 atau 2 aja yang kena nanti efeknya bisa sampai ke seluruh sekolah di Kota Medan," papar Bobby Nasution. 

Kekesalan Bobby Nasution semakin memuncak saat ia melihat seorang guru di acara tersebut yang juga tak memakai masker. 

"Itu guru yang di belakang juga, nggak pakai masker. Tolong dicatat ya pak kadis, untuk gurunya nggak ikut prokes. Tolong ini yang kita harus sama-sama patuhi," ujarnya. 

Sementara, Plt Kadis Pendidikan Kota Medan, Topan Ginting mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti temuan Bobby Nasution tersebut. 

"Camat tadi mengatakan lokasi itu sudah bolak-balik, pak Kapolda datang ditegur juga. Nanti saya perintahkan Kabid SMP, karena itu wilayah SMA, kan di provinsi, namun begitu nggak apa-apa, tetap ditindaklanjuti," kata Topan. 

Selama pembelajaran tatap muka dilakukan di Medan, Topan mengatakan belum ada ditemukan kasus baru penyebaran COVID-19 di sekolah. 

"Belum ada kasus baru saat PTM, sampai hari ini belum ada laporan, sudah tiga Minggu dibuka PTM untuk SMP, belum ada ditemukan klaster di sekolah," ujar Topan.