PDIP ke Bobby Nasution, Akhyar Dapat Dukungan Demokrat di Pilkada Medan
Akhyar Nasution/DOK. pemkomedan.go.id

Bagikan:

JAKARTA - Arah dukungan PDI Perjuangan (PDIP) ke Bobby Nasution di Pilkada Medan, membuat Akhyar Nasution banting setir mencari dukungan parpol lain. Akhyar, kader PDIP yang juga Plt Wali Kota Medan kini mendapat dukungan dari Partai Demokrat.

“Beliau menyatakan senang dengan Demokrat,” kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Demokrat, Andi Nurpati, saat dihubungi VOI, Selasa, 28 Juli.

Akhyar pernah bertandang menemui elite Demokrat pada 14 Juni. Akhyar menyampaikan harapannya mendapatkan dukungan untuk diusung di Pilkada Medan.

Gayung bersambut, Demokrat yang punya 4 kursi di DPRD merespons baik. Selain modal elektabilitas dari sejumlah survei, Akhyar dinilai mumpuni memimpin Medan.

“Beliau inkumben, survei nomor satu, peluang besar untuk menang,” sambung Nurpati.

Dukungan ke Akhyar menurut dia, akan dikonkretkan lewat surat rekomendasi partai untuk pencalonan di Pilkada Medan. Kini, Demokrat harus mencari teman koalisi untuk memenuhi persyaratan mengusung calon wali kota. 

“Kemungkinan besar ke PKS yang punya 7 kursi,” sebut dia.

Soal bakal calon wakil wali kota, Demokrat menyerahkan penggodokannya ke Akhyar dan partai koalisi yang bakal terbentuk.

Meski memberikan dukungan, Nurpati memastikan partainya tidak mensyaratkan agar Akhyar bergabung sebagai kader Demokrat.

“Kalau beliau mau masuk Demokrat, harus keinginan beliau sendiri. Banyak di daerah lain, Demokrat memberikan dukungan yang beda partai,” ujarnya.