Tolak Dukung Kudeta Angkatan Bersenjata, PM Sudan Abdalla Hamdok Ditahan dan Dibawa Tentara
Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok. (Wikimedia Commons/Ola A .Alsheikh)

Bagikan:

JAKARTA - Pasukan militer menahan setidaknya lima tokoh senior pemerintah Sudan, menjadikan Perdana Menteri Abdalla Hamdok tahanan rumah pada hari Senin, kata para pejabat, ketika kelompok pro-demokrasi utama negara itu meminta orang-orang turun ke jalan untuk melawan kudeta militer.

Menurut TV Al-Hadath, Menteri Perindustrian Ibrahim al-Sheikh, Menteri Informasi Hamza Baloul, dan penasihat media untuk perdana menteri, Faisal Mohammed Saleh termasuk di antara yang ditangkap. Juru bicara Dewan Penguasa Sudan, Mohammed al-Fiky Suliman, dan gubernur ibu kota Sudan Khartoum, Ayman Khalid, juga ditahan.

"Anggota sipil dari dewan kedaulatan transisi dan sejumlah menteri dari pemerintah transisi telah ditahan oleh pasukan militer gabungan," kata kementerian informasi dalam sebuah pernyataan di Facebook, mengutip Daily Sabah 25 Oktober.

"Mereka telah dibawa ke lokasi yang tidak diketahui," sambung pihak kementerian. Dikatakan PM Hamdok ditahan pada Hari Senin, setelah menolak mendukung kudeta angkatan bersenjata.

Dikatakan angkatan bersenjata menahan Hamdok pada Hari Senin setelah dia menolak untuk mendukung kudeta mereka.

"Setelah dia menolak untuk menjadi bagian dari kudeta, pasukan dari tentara menahan Perdana Menteri Abdalla Hamdok dan membawanya ke lokasi yang tidak diketahui," ungkap kementerian itu.

Sementara itu, Asosiasi Profesional Sudan (SPA), sebuah kelompok yang memimpin tuntutan untuk transisi ke demokrasi, mengatakan ada pemadaman internet dan sinyal telepon di seluruh negeri. Ia mendesak orang-orang dalam siaran pers untuk menolak upaya tentara untuk merebut kekuasaan.

Ribuan orang membanjiri jalan-jalan Khartoum dan kota kembarnya Omdurman. Rekaman yang dibagikan secara online menunjukkan pengunjuk rasa memblokir jalan-jalan dan membakar ban, ketika pasukan keamanan menggunakan gas air mata untuk membubarkan mereka.

Kemungkinan pengambilalihan oleh militer akan menjadi kemunduran besar bagi Sudan, yang telah bergulat dengan transisi menuju demokrasi sejak otokrat lama Omar al-Bashir digulingkan oleh protes massa.

Penangkapan Hari Senin terjadi setelah berminggu-minggu meningkatnya ketegangan antara para pemimpin sipil dan militer Sudan. Upaya kudeta yang gagal pada bulan September membuat negara itu retak di sepanjang garis lama, mengadu kaum konservatif yang menginginkan pemerintahan militer dengan mereka yang menggulingkan Umar al-Bashir lebih dari dua tahun lalu dalam protes massal.

Keberadaan PM Hamdok tidak segera jelas, di tengah laporan media bahwa pasukan keamanan ditempatkan di luar rumahnya di Khartoum. Foto yang beredar secara online menunjukkan pria berseragam berdiri dalam gelap, diduga di dekat rumahnya.