Unjuk Rasa Anti-kudeta Timbulkan Korban Jiwa: Militer Sudan Blokir Jalan, Saluran Telepon Dimatikan
Komandan militer Sudan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Jalan-jalan diblokir, toko-toko ditutup, telepon dimatikan dan pengeras suara masjid menyerukan pemogokan umum di Sudan pada Selasa, sehari setelah tentara merebut kekuasaan dalam kudeta yang memicu kerusuhan, mengakibatkan sedikitnya tujuh orang tewas.

Kehidupan terhenti di ibu kota Khartoum dan kota kembarnya Omdurman di seberang Sungai Nil, dengan jalan-jalan diblokir baik oleh tentara atau oleh barikade yang didirikan oleh pengunjuk rasa.

Malam tampaknya telah berlalu relatif tenang setelah kerusuhan Senin, ketika pengunjuk rasa turun ke jalan setelah tentara menangkap Perdana Menteri Abdalla Hamdok dan pejabat senior lainnya di kabinet. Seorang pejabat kementerian kesehatan mengatakan, tujuh orang tewas dalam bentrokan antara pengunjuk rasa dan pasukan keamanan.

Pemimpin pengambilalihan, Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, membubarkan Dewan Kedaulatan militer-sipil yang dibentuk untuk membimbing Sudan menuju demokrasi, menyusul penggulingan otokrat lama Omar al-Bashir dalam pemberontakan populer dua tahun lalu.

Jenderal Burhan mengumumkan keadaan darurat, dengan mengatakan angkatan bersenjata perlu melindungi keselamatan dan keamanan. Dia berjanji untuk mengadakan pemilihan pada Juli 2023 dan menyerahkannya kepada pemerintah sipil terpilih saat itu. Pada Hari Selasa, ia membubarkan komite yang mengatur serikat pekerja, saluran berita Arab melaporkan.

Sementara itu, Kementerian Penerangan Sudan, yang masih setia kepada PM Hamdok, mengatakan di halaman Facebook-nya, konstitusi transisi hanya memberikan hak kepada perdana menteri untuk menyatakan keadaan darurat dan tindakan militer adalah kejahatan. PM Hamdok masih merupakan otoritas transisi yang sah, katanya.

Jalan utama dan jembatan antara Khartoum dan Omdurman ditutup untuk kendaraan oleh militer. Bank dan mesin ATM ditutup, dan aplikasi ponsel yang banyak digunakan untuk pengiriman uang tidak dapat diakses.

Beberapa toko roti buka di Omdurman, tetapi orang-orang mengantri selama beberapa jam, lebih lama dari biasanya.

"Kami membayar harga untuk krisis ini," kata seorang pria berusia 50-an yang mencari obat di salah satu apotek yang stoknya hampir habis berkata dengan marah, mengutip Reuters 26 Oktober.

"Kami tidak dapat bekerja, kami tidak dapat menemukan roti, tidak ada layanan, tidak ada uang," sambungnya.

Di kota barat El Geneina, penduduk Adam Haroun mengatakan ada pembangkangan sipil total, dengan sekolah, toko dan pompa bensin ditutup.

Sementara itu, Asosiasi Profesional Sudan, koalisi aktivis yang memainkan peran utama dalam pemberontakan yang menggulingkan Bashir, telah menyerukan pemogokan.

PM Hamdok, seorang ekonom dan mantan pejabat senior PBB, ditahan dan dibawa ke lokasi yang dirahasiakan pada Senin kemarin, setelah menolak mengeluarkan pernyataan untuk mendukung kudeta angkatan bersenjata, kata kementerian informasi. Pasukan juga menangkap tokoh pemerintah sipil lainnya dan anggota Dewan Berdaulat.

Terpisah, Pemerintah Barat mengutuk kudeta, menyerukan pembebasan para pemimpin sipil yang ditahan dan mengancam akan menghentikan bantuan, yang dibutuhkan Sudan untuk pulih dari krisis ekonomi.

Amerika Serikat mengatakan akan segera menghentikan pengiriman bantuan senilai 700 juta AS dalam bentuk dukungan darurat.

Untuk diketahui, Sudan telah diperintah untuk sebagian besar sejarah pasca-kolonialnya oleh para pemimpin militer yang merebut kekuasaan dalam kudeta. Itu telah menjadi paria bagi Barat dan berada dalam daftar hitam terorisme AS di bawah Omar Bashir, yang menjamu Osama bin Laden pada 1990-an dan dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag karena kejahatan perang.

Sejak Bashir digulingkan, militer berbagi kekuasaan secara tidak nyaman dengan warga sipil di bawah transisi yang dimaksudkan untuk mengarah pada pemilihan umum pada 2023. Negara itu berada dalam ketegangan sejak bulan lalu ketika plot kudeta yang gagal, yang dipersalahkan pada pendukung Bashir, melepaskan tudingan antara militer dan warga sipil.