Ini Kronologis Penyelamatan Ibu dan Anak Balita Korban Runtuhan Bangunan di Kalideres
Petugas mengevakuasi korban dari runtuhan bangunan di Kalideres/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Kasi Ops Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Barat, Suket menerangkan kronologis proses evakuasi korban yang tertimpa runtuhan bangunan di Jalan Satu Maret, RT 01/03, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Awalnya, proses evakuasi pertama, petugas Gulkarmat mengevakuasi seorang wanita bernama Ita (40) yang saat itu sudah dalam keadaan kritis. Setelah dilakukan penyisiran di lokasi reruntuhan, petugas kembali menemukan seorang korban anak kecil berinisial A dengan usia 1 tahun 4 bulan. A juga ditemukan dalam kondisi kritis.

Kedua korban merupakan seorang ibu dan anak kecil. Namun setelah menjalani perawatan, keduanya pun meregang nyawa.

"Awal diketemukan korban masih hidup. Kedua korban sempat di bawa kerumah sakit namun ternyata nyawanya tak tertolong. Keduanya meninggal dunia," kata Suket kepada wartawan, Sabtu 23 Oktober, malam.

Proses evakuasi itu selesai dilakukan sekitar pukul 23.05 WIB. Ita dan A adalah ibu dan anak. Keduanya tinggal di rumah milik suaminya, Amran (55).

"Jadi korban totalnya dua orang, Ita dan anaknya yang bernama Ardiansyah. Rumah itu milik Amran, yang merupakan ayah dan suami dari korban," katanya.

Hingga kini, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat masih melakukan penyelidikan terkait penyebab bangunan runtuh tersebut hingga menewaskan dua orang ibu dan anak.

"Penyebabnya masih dalam penyelidikan," ujarnya.