Lima Tenaga Kesehatan di Magetan Positif COVID-19
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Selama masa pamdemi COVID-19, lima tenaga kesehatan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur dinyatakan positif COVID-19. Dari lima orang itu, dua dinyatakan sembuh.

"Hingga saat ini sudah ada lima tenaga kesehatan di Magetan yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dari lima orang itu, dua di antaranya telah sembuh," kata Ketua Tim Satuan tugas Penanganan COVID-19 Dinas Kesehatan Magetan Didik Setyo Margono dilansir Antara, Senin, 27 Juli.

Sesuai data, lima tenaga medis itu berasal dari Kecamatan Plaosan dua orang, Poncol satu orang, Kecamatan Kawedanan orang, dan dari Takeran satu orang.

"Untuk mereka yang masih positif, saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing," kata dia.

Margono menjelaskan yang bersangkutan diperbolehkan melakukan isolasi mandiri karena dinas kesehatan menganggap mereka paham protokol kesehatan sehingga isolasi bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa tenaga medis, termasuk kalangan yang rawan tertular virus corona, hal itu karena mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan pasien yang diduga maupun telah positif terpapar COVID-19.

Pihaknya berharap jumlah tenaga kesehatan dan warga di Magetan yang tertular COVID-19 tidak bertambah. Untuk itu, warga di Magetan diminta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan pemutakhiran peta sebaran COVID-19 Kabupaten Magetan, Senin, 27 Juli 2020, pukul 19.00 WIB, terdapat 155 orang yang konfirmasi positif COVID-19, terdiri atas 108 orang sembuh, lima orang meninggal, dan sisanya masih dalam perawatan. Selain itu ada 68 orang suspek dan 42 orang dalam pemantauan.