100 Halte Transjakarta Bakal Punya Mesin Isi Ulang Uang Elektronik Hingga Beli Token Listrik
Ilustrasi (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Humas PT Transjakarta Nadia Disposanjoyo menyebut pihaknya sedang mempersiapkan pemasangan mesin layanan uang elektronik di 100 halte Transjakarta. Mesin ini akan memiliki berbagai layanan, mulai dari pengisian uang elektronik hingga pembelian token listrik.

"Pemasangan unit mesin sudah dimulai sejak pertengahan juli dan diharapkan akan rampung pada akhir Agustus tahun ini," kata Nadia dalam keterangannya, Minggu, 27 Juli.

Hal ini, kata Nadia, dibuat untuk menunjang penghilangan transaksi uang tunai antara pengguna dan petugas Transjakarta demi meminimalisasi penyebaran COVID-19 di dalam halte.

"Seperti diketahui, Transjakarta memberlakukan kebijakan penghilangan layanan loket isi ulang dan pembelian kartu menggunakan uang tunai di seluruh loket halte guna mencegah penularan COVID-19," ungkap dia.

Lebih jelasnya, sejumlah fitur yang dapat digunakan pada mesin ini mulai dari mengecek saldo dan isi ulang kartu uang elektronik, pembelian kartu perdana kartu Jaklingko, pembelian pulsa telepon seluler, hingga pembelian token listrik.

"Untuk pembelian kartu perdana yang tersedia adalah kartu Jaklingko dari 3 bank yakni BNI, Mandiri dan BRI. Pembelian kartu senilai Rp30 ribu dengan saldo sebesar Rp10 ribu," ucap Nadia.

Nantinya, pengguna Transjakarta memakai layanan mesin ini secara mandiri tanpa ada petugas. Untuk saat ini, pelanggan yang ingin menggunakan layanan ini masih diperkenankan menggunakan uang tunai. 

"Sementara, transaksi menggunakan debit sedang dalam proses pengembangan dan segera disusulkan dalam waktu dekat," tuturnya.

Untuk menghindari kegagalan transaksi, pelanggan diimbau untuk menggunakan uang tunai dalam kondisi yang baik seperti tidak sobek, tidak kusut, uang yang dilem, dan semacamnya. 

Selama menunggu rampungnya pemasangan mesin di 100 halte, saat ini sudah ada mesin yang bisa digunakan di sejumlah halte. Halte yang sudah terpasang vending machine dan dapat melayani transaksi adalah sebagai berikut.

1. Halte Kota (Koridor 1)

2. Halte Harmoni (Koridor 1)

3. Halte Monas (Koridor 1)

4. Halte Sarinah (Koridor 1)

5. Halte Bundaran HI (Koridor 1)

6. Halte Tosari (Koridor 1)

7. Halte Karet (Koridor 1)

8. Halte Bendungan Hilir (Koridor 1)

9. Halte GBK (Koridor 1)

10. Halte Bunderan Senayan ((Koridor 1)

11. Halte Blok M (Koridor 1)

12. Halte Kalideres (Koridor 3)

13. Halte Kp Melayu (Koridor 5)